10+ Hadis dan Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur, Masya Allah!

Alquran

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang 10+ Hadis dan Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur, Masya Allah!.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

10+ Hadis dan Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur, Masya Allah!

Bersyukur, sebagai amalan baik yang penting, dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur’an tentang bersyukur yang harus diyakini dan dipahami umat Islam.

Bersyukur adalah cara berterima kasih atas semua nikmat yang Allah SWT berikan kepada seluruh manusia, khususnya kepada umat muslim.

Menurut Penelitian oleh Ahmad Rusdi dari Universitas Islam Indonesia, tidak cukup dikatakan bersyukur tanpa adanya respons berupa tindakan eksternal (al-shukr al-khārijiyah) baik secara lisan maupun perbuatan.

Untuk itu, Moms dan Dads penting untuk mengetahui ayat Al-Qur’an tentang bersyukur.

Cari tahu dalam artikel ini hingga akhir, yuk!

Baca Juga: 7+ Pintu Rezeki yang Tertulis dalam Alquran, Yuk Buka dan Raih Berkahnya!

Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur

Foto: Alquran (Freepik.com/freepik)

Lalu, apa saja ayat Al-Qur’an tentang bersyukur? Ini beberapa di antaranya:

1. Ayat tentang Bersyukur dan Balasannya Berupa Pahala di Dunia dan Akhirat

Orang-orang yang besyukur akan mendapatkan balasan yang baik dari Allah SWT, hal tersebut dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an tentang bersyukur berikut:

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا ۗ وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا ۚ وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

“Wa mā kāna linafsin an tamụta illā bi`iżnillāhi kitābam mu`ajjalā, wa may yurid ṡawābad-dun-yā nu`tihī min-hā, wa may yurid ṡawābal-ākhirati nu`tihī min-hā, wa sanajzisy-syākirīn.”

Artinya: “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.

Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu,

dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur,” (QS. Ali Imran: 145).

2. Ayat tentang Perintah agar Umat Muslim Selalu Bersyukur

Allah SWT selalu mengingatkan kita agar selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan olehnya. Hal tersebut dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an tentang bersyukur berikut ini.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Fażkurụnī ażkurkum wasykurụ lī wa lā takfurụn.”

Artinya: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku,” (QS Al-Baqarah: 152).

بَلِ اللَّهَ فَاعْبُدْ وَكُنْ مِنَ الشَّاكِرِينَ

“Balillāha fa’bud wa kum minasy-syākirīn.”

Artinya: “Karena itu, maka hendaklah Allah saja kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur,” (QS Az-Zumar: 66).

Baca Juga: 5 Doa Mengusir Setan, Baca Doa Ini Saat Jin Mulai Mengganggu

3. Ayat tentang Orang yang Tidak Mau Bersyukur

Alquran TerbukaFoto: Alquran Terbuka (Freepik.com/freepik)

Ayat Al-Qur’an tentang bersyukur selanjutnya terdapat dalam Surat Yasin pada ayat 35, yang berbunyi:

لِيَأْكُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ وَمَا عَمِلَتْهُ أَيْدِيهِمْ ۖ أَفَلَا يَشْكُرُونَ

“Liya`kulụ min ṡamarihī wa mā ‘amilat-hu aidīhim, a fa lā yasykurụn.”

Artinya: “Supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?” (QS. Yasin: 35).

4. Ayat tentang Allah yang Selalu Rida dengan Orang yang Bersyukur

إِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۖ وَلَا يَرْضَىٰ لِعِبَادِهِ الْكُفْرَ ۖ وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ ۗ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ ۗ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ مَرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ ۚ إِنَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

“In takfurụ fa innallāha ganiyyun ‘angkum, wa lā yarḍā li’ibādihil-kufr, wa in tasykurụ yarḍahu lakum.

Wa lā taziru wāziratuw wizra ukhrā, ṡumma ilā rabbikum marji’ukum fa yunabbi`ukum bimā kuntum ta’malụn, innahụ ‘alīmum biżātiṣ-ṣudụr.”

Artinya: “Jika kamu kafir maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya.

Dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain.

Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam (dada)mu,” (QS Az-Zumar: 7).

5. Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur dengan Menyeimbangkan Bekerja dan Istirahat

Ayat Al-Qur’an tentang bersyukur ini difirmankan oleh Allah SWT dalam surah Al-Qashash ayat 73 yang memiliki arti agar selalu memiliki motivasi dalam bekerja dan diikuti dengan bersyukur.

وَمِنْ رَحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Wa mir raḥmatihī ja’ala lakumul-laila wan-nahāra litaskunụ fīhi wa litabtagụ min faḍlihī wa la’allakum tasykurụn.”

Artinya: “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya,” (QS. Al-Qashash: 73).

6. Ayat Tentang Nikmat Berlipat Ganda

Salah satu ayat Al-Qur’an tentang bersyukur ini menjelaskan tentang nikmat yang dilipatgandakan jika Moms senantiasa bersyukur.

Baca Juga: Doa untuk Anak, Ini Nama Bayi Laki-Laki Islam dalam Al Quran

Berikut ini bacaan ayat Al-Qur’an tentang bersyukur:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: (Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.”

Bukan hanya ayat terdapat ayat Al-Qur’an tentang bersyukur saja, ada pula keterangan dari hadis…

Kesimpulan

Itulah informasi tentang 10+ Hadis dan Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur, Masya Allah! yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia