TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah menjaga masalah kemiskinan dan masalah sosial tidak terlalu jatuh akibat pandemi Covid-19. Sebab, Covid memberikan dampak terhadap masyarakat, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

“Maka harus kita siapkan melalui upaya-upaya perlindungan sosial,” kata Ma’ruf  dalam rilis, Minggu, 20 Maret 2022.

Menurutnya, tidak sedikit masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya UMKM yang mampu bertahan hidup. Oleh karena itu, diperlukan adanya program perlindungan sosial sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Ma’ruf mengatakan ada dua pendekatan dalam mengatasi masalah kemiskinan. Pertama, melalui perlindungan sosial yaitu diberikannya berbagai bantuan sosial. Kemudian, melalui pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat, yaitu program yang melibatkan masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan pembangunan di tingkat masyarakat, sehingga masyarakat mempunyai rasa memiliki terhadap program pembangunan tersebut. Tidak hanya sekedar menerima bantuan saja.

Untuk mengoptimalkan pemulihan ekonomi nasional, Wapres menuturkan saat ini pemerintah mengupayakan koordinasi antara kementerian/lembaga yang terkait. Tujuannya, agar bantuan sosial dapat diberikan tepat sasaran.




Source link