TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sediakan empat Posko Siaga Mudik Sapta Taruna di Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela). Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Wida Nurfaida menjelaskan, dua posko berada di wilayah Jateng tepatnya di Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo dan di Ruas Giriwoyo – Glonggong (KM.77+550).

Sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terdapat di Ruas Tepus – Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul dan Ruas Samas – Girijati Kabupaten Bantul. “Posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela, dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet dan musala,” kata Wida dalam keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.

Dia menjelaskan, posko ini juga untuk mengantisipasi bencana yang siap berkoordinasi dengan Posko Kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Untuk keamanan pengendara, Wida menyatakan sudah memastikan kesiapan penerangan jalan umum (PJU) dari Jladri ke arah Yogyakarta.

“Ada spot tertentu yang tidak ada PJU, kita pasang patok lalu lintas atau delineator pengaman, guardrail/pagar pengaman jalan, dan stiker pantul (reflektor),” tuturnya.

Terkait pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Pansela, BBPJN Jateng-DIY Kementerian PUPR juga sudah cek ketersediaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Wida menyebut ada empat SPBU besar dan beberapa SPBU mini.

“Tempat istirahat juga sudah kita survei banyak juga sekarang tempat kuliner dan wisata pantai dibuka,” ungkapnya.

Walaupun masih ada sisa pengerjaan, Wida yakin tidak akan menjadi kendala bagi pemudik. Jika ada jalan yang belum tersambung, pihaknya akan menyambungkan dengan jalan nasional dan kabupaten.




Source link