4 Resep Leker Renyah dan Mudah, Yuk Coba Buat Dirumah!

Tepung Terigu (Orami Photo Stock)

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang 4 Resep Leker Renyah dan Mudah, Yuk Coba Buat Dirumah!.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

4 Resep Leker Renyah dan Mudah, Yuk Coba Buat Dirumah!

Saat menyajikan makanan di rumah, apakah Moms dan Si Kecil menyukai makanan manis? Moms bisa mencoba resep leker, camilan manis yang lezat!

Leker adalah jajanan jadul yang namanya diambil dari bahasa Belanda yakni Lekker yang berarti enak.

Sepintas, Leker lebih mirip dengan crepes atau pancake Perancis, tetapi teksturnya lebih tipis, gurih dan lebih garing.

Leker juga akan mengingatkan Moms kepada masa-masa sekolah dulu, karena jajanan ini banyak dijual oleh pedagang di lingkungan sekolah.

Isian Leker juga bisa divariasikan. Jika ingin membuat yang gurih, gunakan sosis, kornet, keju, atau telur di dakamnya.

Atau meses, susu, coklat, selai stroberi juga bisa digunakan sebagai isian jika ingin membuat resep Leker yang manis.

Mom juga bisa menggunakan teflon yang ada di rumah saja untuk memasak Leker. Berikut ini beberapa resep Leker mudah dan murah dipraktekkan di rumah.

Baca Juga: 5+ Resep Kue Ulang Tahun Anti Gagal yang Mudah Dibuat

Jika Moms ingin membuat kie leker sendiri di rumah, tidak ada salahnya kok. Berikut ini beberapa referensi resep leker untuk Moms coba di rumah.

Mengenal Tepung Terigu

Foto: Tepung Terigu (Orami Photo Stock)

Salah satu bahan wajib saat akan mempraktikkan resep kue Leker adalah tepung terigu.

Ada berbagai jenis tepung terigu yang dibedakan berdasarkan jumlah gluten yang dikandung, warna, bagian bulir yang digunakan, dan jenis terigu.

Tepung terigu adalah bahan penting dalam roti, kue, biskuit, dan sebagian besar makanan yang dipanggang.

Gluten secara alami ada di dalam gandum. Ini adalah protein yang memberi struktur pada makanan yang dipanggang, dikutip The Spruce Eats.

Glutens berkembang dan menjadi lebih elastis saat adonan diremas. Tepung berprotein tinggi biasanya memiliki kandungan gluten yang lebih tinggi.

Tepung yang rendah protein adalah gandum yang lebih lembut dan memiliki lebih sedikit gluten.

Ada beberapa jenis tepung terigu, di antaranya:

  • Tepung serbaguna,
  • Tepung roti,
  • Tepung kue, dan
  • Tepung gandum.

Nutrisi tepung bisa bervariasi, tergantung dengan jenis tepungnya.

Menurut Food nad Drugs Administration (FDA), setiap 1 pon atau 0,4 kilo tepung terigu mengandung 2,9 miligram thiamin, 1,8 miligram riboflavin, 24 miligram niasin, 0,7 miligram asam folat dan 20 miligram zat besi.

Selain itu, tepung terigu juga mengandung vitamin yang tinggi. Misalnya B-1, B-3, dan B-5, serta riboflavin dan folat, dilansi US Department of Agriculture (USDA) .

Tepung adalah bahan penting bagi sebagian besar makanan rumahan. Moms bisa menggunakannya untuk membuat roti, makanan yang dipanggang, pancake, dan lainnya.

Selain itu, dapat digunakan juga dipakai untuk mengentalkan saus atau membuat roux.

Tepung juga digunakan untuk melapisi makanan seperti ayam goreng atau irisan daging. Selain itu, tepung adalah bahan utama untuk pembuatan pasta.

Tepung mentah sebaiknya tidak dimakan langsung. Sebab, tepung merupakan produk pertanian mentah, sehingga belum diolah agar bisa membunuh kuman di dalamnya.

Jika ada bakteri yang terdapat dalam tepung, biasanya akan ikut dibunuh saat makanan yang terbuat dari tepung dimasak.

Tepung putih biasanya tidak berbau, sedangkan tepung gandum mungkin akan sedikit berbau seperti kacang.

Ada banyak bahan pengganti tepung terigu yang beredar di pasaran. Salah satu alasan utama mengganti tepung adalah sensitivitas atau orang yang memiliki intoleransi gluten.

Tepung kedelai, bibit gandum, tepung jagung, tepung oat, dan tepung quinoa adalah beberapa pengganti tepung terigu yang tersedia.

Saat menyimpannya, Moms bisa membuka kemasannya dan pindahkan tepung ke wadah yang kedap udara.

Kaca atau plastik biasanya akan menjadi bahan wadah yang terbaik. Selain itu, Moms harus menjaga agar tepung tetap kering, sebab kelembaban akan merusak tepung.

Simpan tepung di tempat yang sejuk dan tidak langsung mendapatkan sinar matahari langsung seperti di dalam lemari makanan di dapur, lemari es, atau freezer.

Nah, itulah beberapa resep leker yang bisa Moms coba. Dari ketiga resep kue Leker di atas, mana yang akan Moms coba di rumah?

Kesimpulan

Itulah informasi tentang 4 Resep Leker Renyah dan Mudah, Yuk Coba Buat Dirumah! yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia