7 Negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia

Thumbtack pins in calendar concept for busy, appointment and meeting reminder

Jakarta, CNN Indonesia — Hari libur nasional merupakan hari istirahat resmi yang ditetapkan oleh pemerintah. Sejumlah negara diketahui memiliki hari libur terbanyak di dunia.
Read More

Umumnya hari libur nasional didominasi oleh perayaan keagamaan dan peringatan peristiwa bersejarah. Lantas negara mana saja yang beruntung punya banyak hari libur? Berikut daftar negara dengan hari libur terbanyak di dunia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT


Penentuan hari libur resmi nasional di setiap negara berbeda-beda. Misalnya di Indonesia, ada sekitar 14 hari libur nasional yang disepakati oleh pemerintah setiap tahunnya.

Namun ternyata, ada negara yang punya jatah hari libur jauh lebih banyak dari Indonesia.

Daftar Negara dengan Hari Libur Terbanyak


Ilustrasi. Daftar negara dengan hari libur terbanyak di dunia. (iStockphoto/BrianAJackson)

Berdasarkan laman WorldAtlas, ada sejumlah negara yang beruntung memiliki hari libur terbanyak di dunia. Berikut daftarnya.

1. Kamboja

Kamboja menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki hari libur terbanyak di dunia. Negara di benua Asia ini memiliki jumlah hari libur nasional sebanyak 28 hari dalam satu tahunnya.

Hari libur di Kamboja didominasi oleh perayaan keagamaan, khususnya agama Buddha.

Negara ini menggunakan kalender tradisional bernama Khmer, yang didasarkan pada pergerakan bulan dan mempertimbangkan tahun matahari. Itu artinya, hari libur di Kamboja tidak jatuh pada tanggal yang sama setiap tahun.

2. Sri Lanka

Negara di urutan kedua ini hanya berselisih 3 hari dari negara Kamboja. Hari libur nasional di Sri Lanka berjumlah 25 hari setiap tahunnya.

Negara ini memiliki agama yang beragam dan mayoritas penduduknya menganut agama Buddha. Itulah sebabnya, hari libur di negara ini didominasi oleh perayaan agama Buddha.

Meskipun demikian, terdapat juga hari libur untuk perayaan agama lainnya seperti Hindu, Islam, Katolik, dan Kristen.

3. India

India memiliki total hari libur nasional sebanyak 21 hari dalam satu tahun. Tiga hari libur utama di negara ini berupa peringatan hari kemerdekaan, hari republik, dan Hari Kelahiran Mahatma Gandhi.

Selain perayaan hari libur negara, terdapat juga perayaan keagamaan seperti Diwali, Maha Shivratri, Guru Nanak Jayanti, Vaisakhi, Idul Fitri, Muharram, dan Natal.

Hari libur ini berbeda di masing-masing wilayah berdasarkan kepatuhan dan kebiasaan wilayah setempat.

4. Kolombia

Kolombia menduduki posisi keempat dengan hari libur terbanyak yaitu 18 hari. Hari libur ini diisi oleh hari libur Katolik dengan jumlah 12 hari, termasuk Minggu Palma dan Paskah.

Sementara 6 hari libur lainnya diisi oleh hari libur negara, seperti Hari Buruh, Kemerdekaan, Hari Columbus, dan Tahun Baru.

5. Trinidad dan Tobago

Trinidad dan Tobago merupakan negara kepulauan yang berada di laut Karibia selatan.

Sama seperti Kolombia, negara Trinidad dan Tobago juga memiliki jumlah hari libur nasional sebanyak 18 hari. Beberapa di antaranya adalah peringatan Tahun Baru, Jumat Agung, Senin Paskah, dan Hari Kemerdekaan

6. Hong Kong

Negara yang terletak di sebelah tenggara Tiongkok ini memiliki total hari libur sebanyak 17 hari dalam setahun.

Hari libur nasional di Hongkong ini meliputi Hari Tahun Baru Imlek, Festival Qingming, Senin Paskah, Ulang Tahun Buddha, dan lainnya.

7. Jepang

Jepang memiliki 15 hari libur yang telah ditetapkan oleh pemerintah Jepang, yang meliputi Hari Anak, Hari Kelahiran Kaisar, Hari Showa, Tahun Baru, dan lainnya.

Pemerintah Jepang sendiri telah mengumumkan hari-hari libur tersebut sebagai hari libur nasional dan telah tercantum dalam undang-undang.

Uniknya, apabila ketika hari libur nasional ini jatuh pada hari Minggu, maka akan ada kompensasi libur pada hari biasa. Kemudian, jika ada satu hari yang diapit oleh dua hari libur nasional, maka hari kejepit itu akan menjadi hari libur juga.

Beberapa negara dengan hari libur terbanyak lainnya yakni Malaysia, Swedia, Lithuania, dan Argentina yang memiliki jumlah hari libur yang sama dengan Jepang yaitu sebanyak 15 hari. Kemudian diikuti oleh Indonesia dengan 14 hari libur per tahunnya.


(mrs/fef)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version='2.0';n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,'script','//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');

fbq('init', '1047303935301449');
fbq('track', "PageView");

Source link