8 Korban Binary Option Lapor ke Bareskrim, Kerugian Ditaksir Capai Rp 2,4 Miliar

8 Korban Binary Option Lapor ke Bareskrim, Kerugian Ditaksir Capai Rp 2,4 Miliar


TEMPO.CO, Jakarta – Delapan orang korban perdagangan berjangka komoditas ilegal dengan instrumen online binary option atau opsi biner resmi melaporkan platform Binomo dan para affiliator-nya ke Bareskrim Polri, Rabu, 3 Februari 2022. Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor STTL/29/II/2022/Bareskrim.

Read More

“Kalau dihitung yang datang delapan orang, tapi yang mau laporan dari database kami ada ratusan menuju ribuan. Di grup Telegram sudah ada 8.000 orang jumlah korbannya,” ujar kuasa hukum pelapor, Finsensius Mendrofa, saat dihubungi pada Rabu.

Laporan ini berkaitan dengan terkuaknya modus investasi ilegal melalui iming-iming para influencer–yang juga affiliator—yang digandeng untuk mempromosikan platform opsi biner tersebut. Kerugian yang ditanggung masing-masing korban Binomo puluhan hingga ratusan juta. Total kerugian delapan pelapor mencapai Rp 2,4 miliar.

Finsensius mengatakan ada enam pasal disangkakan terhadap platfrom maupun para affiliator. Keenamnya adalah Pasal 27 ayat 2 Undang-undang Transaksi Elektronik (UU ITE) tentang perjudian online, Pasal 28 ayat 1 UU ITE  tentang berita bohong yang merugikan konsumen, dan Pasal 378 KUHP juncto Pasal 55 tentang penipuan.

Kemudian, Pasal 3, Pasal 5, dan Pasal 10 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Finsensius tidak menggamblangkan nama-nama affiliator Binomo yang terseret dalam perkara tersebut.

“Yang jelas lebih dari satu orang dan ada yang figur publik yang sempat viral,” katanya.

Finsensius memastikan jumlah pelapor dan terlapor akan terus bertambah. Saat ini pihaknya sedang menghimpun data para korban binary option dan para affiliator yang terlibat. “Karena setiap orang beda affiliator-nya,” ujar dia. Dia berharap pihak-pihak terkait memberikan perhatian khusus terhadap maraknya investasi ilegal untuk mencegah terjeratnya korban yang semakin besar.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA | CAESAR AKBAR

Baca: Faisal Basri Jelaskan Kisruh Minyak Goreng karena Kebijakan Pemerintah, Kenapa?

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.





Source link

Leave a Reply