Airlangga: Padi Gogo Solusi Ubah Lahan Kering Jadi Produktif

Airlangga: Padi Gogo Solusi Ubah Lahan Kering Jadi Produktif


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan budi daya padi gogo menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengubah lahan kering jadi produktif dan meningkatkan ketersediaan konsumsi pangan.
Read More

Oleh karena itu, Airlangga dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu, 12 Februari 2022, usai menyaksikan panen perdana padi gogo di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, mengharapkan adanya optimalisasi komoditas ini di berbagai daerah.

“Kami mengapresiasi panen perdana padi gogo ini yang tentunya menggunakan sentuhan teknologi dan uji coba. Padi gogo ini diharapkan dapat terus memberikan hasil yang positif dan dapat terus didorong, terutama di lumbung pangan yang airnya terbatas,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mendorong Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat untuk membangun pertanian dari hulu hingga hilir yang lebih berdaya saing dengan produktivitas tinggi.

Selain itu, ia berharap para petani dapat menggunakan benih unggul dan mengaplikasikan mekanisasi pertanian agar mampu mencapai swasembada pangan dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

“Indonesia sebetulnya dalam tiga tahun terakhir kita tidak pernah impor beras, jadi sebenarnya kita dalam tiga tahun terakhir swasembada beras. Dan bahkan sekarang beras kita relatif aman, kita akan masuk musim panen yang bisa mendapatkan 14 sampai 15 juta ton. Kita juga sudah mendapat permintaan negara lain untuk impor beras dari Indonesia,” katanya.





Source link