TEMPO.CO, Jakarta – Satlantas Polres Cianjur bakal menerapkan sistem ganjil genap mulai Jumat 15 April 2022 hingga Minggu 17 April 2022 di sepanjang jalur Puncak-Cianjur sebagai upaya antisipasi macet total pada masa libur panjang akhir pekan.

Kasat Lantas Polres Cianjur Ajun Komisaris Sujana Awin Umar mengatakan bahwa pemberlakuan ganjil genap dimulai dari pintu tol Ciawi hingga Jalur Puncak-Cianjur. Sehingga kendaraan yang dapat melintas hanya kendaraan bernopol sesuai dengan tanggal.

“Ganjil genap akan diterapkan untuk antisipasi terjadinya lonjakan arus kendaraan dari luar kota dengan tujuan Puncak-Cipanas yang berpotensi macet total,” katanya, Kamis 14 April 2022.

Tidak hanya ganjil genap, kata dia, sejumlah rekayasa arus di sepanjang jalur tersebut guna memutus rantai ketika terjadi antrean meskipun pihaknya memperkirakan lonjakan arus tidak setinggi hari biasa karena saat puasa.

Namun, berbagai upaya dilakukan karena diperkirakan pekan ini arus kendaraan pemudik yang pulang lebih awal akan mulai terlihat melintas di sepanjang jalur utama Cianjur-Bandung. Dengan demikian, sejumlah pos pengamanan akan diaktifkan lebih cepat untuk antisipasi.

“Berbagai upaya tetap kami lakukan, termasuk berkoordinasi dengan Polres Bogor, ketika terjadi antrean panjang kendaraan dari kedua arah atau menuju Bogor. Sistem satu arah akan diberlakukan namun sifatnya situasional,” katanya.

Sujana mengimbau pengendara yang hendak menghabiskan liburan panjang di wilayah hukum Cianjur tetap mengutamakan keselamatan dan mematuhi peraturan lalu lintas serta menerapkan prokes ketat.




Source link