Apakah Masih Ada Pertanyaanmu yang Berkaitan dengan Bacaan di Atas? Jawaban Tema 9 Kelas 6

Wpberita Wordpress Theme

TRIBUNPADANG.COM – Apakah masih ada pertanyaanmu yang berkaitan dengan bacaan di atas?

Pernyataan di atas merupakan soal yang terdapat dalam buku tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 160.

Berikut ini telah tersedia jawaban dari pertanyaan tersebut yang ditujukan bagi orang tua dalam mengawasi anak belajar di rumah.

Bagi para siswa diharapkan dapat mencari jawaban sendiri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 160

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, diskusikanlah beberapa hal berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu.

Bagaimana cara para astronaut menuju ke Bulan dari Bumi?

Para astronout menuju bulan dari bumi menggunakan pesawat luar angkasa.

Sikap dan nilai seperti apa yang dimiliki Buzz hingga ia menjadi salah satu orang yang mendarat di Bulan?

Sikap dan nilai yang dimiliki Buzz Aldrin diantaranya adalah kerja keras, disiplin, pantang menyerah dan percaya diri.

Apakah masih ada pertanyaanmu yang berkaitan dengan bacaan di atas? Tuliskan di sini.

Apa nama pesawat yang digunakan Buzz Aldris, Neil Armstrong dan Michael Collins pergi menjelajah angkasa luar?

Tahukah kamu bahwa pendaratan manusia pertama di Bulan menyadarkan manusia bahwa kemajuan teknologi sudah sedemikian pesatnya. Manusia mampu menciptakan kendaraan untuk membawa manusia hingga ke tempat yang tak terbayangkan sebelumnya. Kendaraan merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Kegiatan memindahkan barang atau manusia dari satu tempat ke tempat yang lain disebut dengan transportasi.

Baca juga :  Pemuda di Padang Ngaku 4 Kali Cabuli Pacar yang Masih SMP, Beraksi di Semak Belakang SD

Hingga saat ini kemajuan teknologi transportasi sebagai bagian modernisasi terus berkembang seiring kebutuhan manusia untuk bermobilisasi. Apa sajakah dampak kemajuan teknologi transportasi ini bagi kehidupan bermasyarakat?

Ayo Membaca

Modernisasi Teknologi Transportasi

Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.

Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia. Contohnya dengan cara dipikul, digendong atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah. Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air.

Baca juga :  BMKG dan Kemenag Sumbar Pantau Hilal Awal Syawal 1442 H di Gedung Kebudayaan, Ini Hasilnya

Alat transportasi darat semula menggunakan tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobak dorong. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya. Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar. Transportasi laut yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung.

Transportasi darat

Alat transportasi tradisional umumnya tidak bermesin. Contohnya, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobak. Sepeda, becak dan dokar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang. Sedangkan gerobak digunakan untuk alat angkutan barang. Alat angkutan darat tradisional pada umumnya hanya melayani pengangkutan jarak dekat. Alat angkutan darat modern pada umumnya menggunakan mesin dengan kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda. Alat transportasi modern terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang. Kendaraan penumpang seperti sepeda motor, bemo, mobil, bus, dan kereta api. Sedangkan kendaraan angkutan barang, antara lain, truk, truk tangki, kereta api barang, dan mobil boks. Alat angkutan darat modern dapat melayani pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh, seperti antarkota dan antarprovinsi. Perusahaan negara yang melayani angkutan darat yaitu PT DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) dan PT KAI (Kereta Api Indonesia) Persero.

Baca juga :  Nilai dan Sikap Apa Sajakah yang Menurutmu Perlu Dimiliki oleh Seorang Astronaut?

Sumber: www.awalilmu.blogspot.co.id dengan penyesuaian

(Tribunpadang.com)



Tema WordPress Berita

Source by [author_name]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *