Bacaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir dan Keutamaannya

Surat Al-Baqarah 2 Ayat Terakhir

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang Bacaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir dan Keutamaannya.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Bacaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir dan Keutamaannya

Membaca surat Al Baqarah 2 ayat terakhir termasuk ke dalam amalan yang sunnah dilakukan.

Salah satu manfaatnya adalah diberikan kecukupan oleh Allah SWT. Disebutkan dalam hadits dari Abu Mas’ud Al-Badri RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya:

Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Institutional Repository of UIN Ar-Raniry Banda Aceh mencatat, pada bagian pembuka mengandung pola yang sama dengan bagian penutup, yaitu penjelasan tentang orang-orang beriman dan orang-orang kafir.

Akan tetapi, penjelasan tentang orang kafir pada bagian penutup tersebut disebutkan hanya sebagai bagian dari doa yang bisa dipanjatkan oleh orang-orang beriman yang meminta perlindungan dari orang-orang kafir.

Baca Juga: Tasyakuran 4 Bulanan dalam Islam, Berikut Penjelasannya

Bacaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir

Foto: Surat Al-Baqarah 2 Ayat Terakhir (Orami Photo Stock)

Berikut ini bacaan surat Al Baqarah 2 ayat terakhir, yaitu ayat 285 dan 286 beserta artinya.

Surat Al Baqarah Ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“A Manarrasuulu Bimaa Unzila Ilaihi Min Robbihi Wal Mu’minuna Kullu Amana Billahi Wamalaa Ikatihi Wakutubihi Warusulihi La Nufarriku Bayna Ahadin Min Rusulihi Wakulu Sami’naa Wa Atho’naa Ghufronaka Rabbana Wailaikal Masyiiru.”

Artinya:

“Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman.

Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.

(Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

Surat Al Baqarah Ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus’ahaa Lahaa Makasabat Wa ‘Alaihaa Maktasabat Rabbanaa Laa Tuwaa Khidnaa Inna Siinaa Au Akhtho’naa Rabbanaa Walaa Tahmil ‘Alainaa Isron Kamaa Hamaltahu ‘Alalladzina Minkoblina Rabbanaa Walaa Tuhammilnaa Maa Laa Thoo Qotala Naa Bihi Wa’fu ‘Ana Wakhfirlanaa Warhamnaa Anta Mailaanaa Fansurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriina.”

Artinya:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.

(Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Baca Juga: 9 Macam Puasa yang Diharamkan dalam Ajaran Islam, Catat!

Keistimewaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir

Keistimewaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir (Pinterest.com)Foto: Keistimewaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir (Pinterest.com)

Seperti hadis dari Rasulullah SAW di atas, ada keistimewaan dari surat Al Baqarah 2 ayat terakhir bagi orang-orang yang membacanya, di antaranya:

1. Dicukupkan Urusan Dunia dan Akhirat

Mayoritas ulama memberi pendapat mengenai arti “diberi kecukupan”.

Yaitu barang siapa yang melaksanakannya, maka akan diberi kecukupan baginya urusan dunia dan akhirat.

2. Dijauhkan dari Setan dan Perbuatan Dosa

Dengan membacanya juga akan dijauhkan dari godaan setan dan perbuatan dosa.

Alasannya adalah karena di dalam surat Al Baqarah 2 ayat terakhir mengandung sikap pasrah pada Allah SWT.

3. Keberkahan dalam Permohonan Doa

Ayat-ayat ini mengandung doa dan pemohonan kepada Allah SWT, meminta kekuatan untuk tidak memikul beban yang tidak bisa ditanggung, meminta pengampunan, rahmat, dan perlindungan dari keburukan.

Dua ayat terakhir surat Al Baqarah juga mengandung keutamaan pentingnya berdoa kepada Allah untuk mendapatkan kekuatan dan bimbingan.

4. Peningkatan Keimanan dan Pengampunan

Dua ayat terakhir ini juga mengandung pesan-pesan utama tentang keimanan, kepatuhan kepada Allah, dan harapan akan pengampunan dan rahmat-Nya.

Ayat-ayat ini mengajarkan tentang tanggung jawab manusia terhadap perbuatannya.

Baca Juga: 7+ Hadits Larangan Marah dalam Islam yang Perlu Diketahui, Catat!

Semoga setelah mengetahui keutamaan surat Al Baqarah 2 ayat terakhir ini dapat menjadi motivasi untuk selalu membacanya dan meraih kebaikan dan keberkahan dengan melakukannya.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Bacaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir dan Keutamaannya yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia