Badung, CNN Indonesia — Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, sudah melayani 79.281 penumpang sejak penerbangan internasional dibuka di Bali pada 3 Februari.

Herry A.Y Sikado, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Sabtu (16/4) menjelaskan jumlah penumpang itu berdasarkan catatan statistik lalu lintas angkutan udara sejak 3 Februari sampai 15 April yang melibatkan 591 pesawat.

“Data tersebut merupakan aktivitas keberangkatan dan kedatangan khusus terminal internasional,” kata Herry.

Ia juga menyebutkan Bandara I Gusti Ngurah Rai yang sebelumnya menerima tambahan penerbangan Qantas Airlines rute Melbourne-Denpasar, kini maskapai yang sama membuka perdana penerbangan rute Sydney-Denpasar.

Rute itu dilayani Qantas Airlines QF043 yang terbang sekitar enam jam pada rute penerbangan Sydney menuju Denpasar menggunakan pesawat tipe 737-838 registrasi VH-VZQ mendarat pukul 21.23 WITA dan membawa 146 penumpang, pada Jumat (15/4) kemarin.

Pesawat itu kembali berangkat menuju Sydney pada 23.11 WITA dan mengangkut 95 penumpang.

Sementara itu berdasarkan jadwal penerbangan Qantas Airlines akan terbang reguler tiga kali dalam seminggu yakni Senin, Jumat dan Minggu, sekaligus menjadi rute kedua penerbangan Qantas Airlines menuju Pulau Dewata.

Herry mengatakan Australia adalah asal Warga Negara Asing tertinggi yang masuk ke Bali. Rute menuju sana dianggap strategis bagi pengembangan bisnis maskapai.

“Kami, menyambut dengan antusias respon Qantas Airlines yang secara berurutan membuka rute penerbangan internasional,” ucap Herry.

“Antusias kami berikan penyambutan menggunakan water salute sebagai momentum mengawali penerbangan rute perdana Sydney dari maskapai Qantas Airlines, seluruh proses alur penerbangan telah kami siapkan agar dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, dengan beroperasinya Qantas Airlines di Bandara I Gusti Ngurah Rai, terdapat dua maskapai yang telah melayani penerbangan Sydney yakni Garuda Indonesia sekali seminggu dan Qantas Airlines tiga kali setiap minggunya.

“Agar dapat memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa seiring dengan terus bertambahnya statistik penerbangan internasional khususnya. Kami, bersama pemangku kepentingan terus mengevaluasi kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai agar penerbangan dapat berjalan dengan baik sesuai regulasi pemerintah,” ujarnya.
(kdf/fea)

[Gambas:Video CNN]



Source link