Cinta Tanah Air: Pengertian, Contoh Sikap, dan Cara Menanamkannya

Ilustrasi Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang Cinta Tanah Air: Pengertian, Contoh Sikap, dan Cara Menanamkannya.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Cinta Tanah Air: Pengertian, Contoh Sikap, dan Cara Menanamkannya

Sebagai bangsa Indonesia, kita perlu menanamkan diri kita dan keluarga sikap cinta tanah air.

Tanah air adalah istilah yang digunakan bangsa Indonesia untuk menyebut seluruh bumi Indonesia yang terdiri dari darat dan lautan.

Penggunaan istilah ini didasarkan pada konsep wawasan nusantara yang terbentuk dari kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Ini menjadikan cinta pada tanah air adalah perasaan tulus dan suci kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Sederet Rekomendasi Film Tentara Indonesia, Bikin Tambah Cinta Indonesia!

Pengertian Cinta Tanah Air

Foto: Bendera Indonesia (Unsplash.com/Nick Agus Arya)

Rasa cinta tanah air adalah perasaan kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati, dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat dimana ia tinggal.

Cerminan dari perilaku membela tanah air adalah:

  • Menjaga dan melindungi tanah air.
  • Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
  • Mencintai adat atau budaya yang ada di negara dengan melestarikannya.
  • Melestarikan alam dan lingkungan.

Hal tersebut merupakan wujud dari sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, sekolah dan masyarakat.

Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuh kembangkan dalam jiwa setiap individu sejak usia dini yang menjadi warga negara Indonesia agar tujuan hidup bersama dapat tercapai.

Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air adalah dengan menumbuhkan rasa bangga terhadap tanah air melalui pendidikan.

Rasa bangga terhadap tanah air dapat ditumbuhkan dengan memberikan pengetahuan dan berbagi nilai-nilai budaya yang kita miliki bersama.

Contoh Sikap Cinta Tanah Air

Bendera Merah PutihFoto: Bendera Merah Putih (Unsplash.com/Anggit Rizkianto)

Memiliki perasaan cinta pada tanah air tampaknya memberi efek positif dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sebuah studi yang termuat di EduStream, Jurnal Pendidikan Dasar, para peneliti dari Universitas Negeri Jakarta, mengungkapkan bahwa adanya rasa cinta pada tanah air yang cukup tinggi dikaitkan dengan tingkat disiplin yang lebih baik.

Tentunya, perilaku disiplin merupakan hal yang sangat positif dalam kehidupan yang sangat baik jika telah dimiliki sejak anak-anak

Untuk menunjukkan sikap cinta tanah air dapat dimulai dari diri sendiri.

Melansir dari laman Kemenag Polman, beberapa sikap cinta tanah air yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Mempelajari Sejarah

Mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan kita serta menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.

Mengetahui segala usaha yang dilakukan oleh para pahlawan di masa lalu, dapat meningkatkan rasa haru dan bersyukur, karena berkat jasa-jasa para pahlawan, sehingga bangsa Indonesia bisa berada di masa sekarang ini.

2. Melakukan Upacara Bendera

Menghormati upacara bendera dan ikhlas melakukannya, dianggap sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia.

3. Memahami Simbol Negara

Memahami dan menghormati simbol-simbol negara seperti lambang burung garuda, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan lain sebagainya, dapat meningkatkan rasa cinta tanah air.

4. Menggunakan Produk Lokal

Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha lokal bisa maju sejajar dengan pengusaha asing.

Langkah ini cukup mudah, sebab di masa sekarang ini, sudah banyak produk-produk lokal dari berbagai jenis industri hadir dengan kualitas yang tidak kalah dengan buatan luar.

Baca Juga: 12+ Makanan Indonesia yang Mendunia, Bikin Ngiler!

5. Mempertahankan Kedaulatan

Sebagai anggota masyarakat yang cinta tanah air, kita perlu ikut membela mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus dan ikhlas.

6. Mengharumkan Nama Bangsa

Membantu mengharumkan nama bangsa, serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik bangsa indonesia.

Tindakan mengharumkan nama bangsa dapat dilakukan dengan mengikuti kompetisi bergengsi dan memberikan yang terbaik atas nama Indonesia.

7. Menjaga Ketentraman

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya hingga kepercayaan, namun kita semua tetap satu, sesuai dengan moto Bhineka Tunggal Ika.

Menerapkan moto tersebut diharapkan dapat mewujudkan ketertiban dan ketenteraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional.

Menanamkan rasa cinta tanah air pada dasarnya dapat dimulai usia dini di rumah bersama keluarga.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Cinta Tanah Air: Pengertian, Contoh Sikap, dan Cara Menanamkannya yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia