Daftar Komoditas yang Buat Penduduk Miskin RI Tembus 26 Juta Orang

Daftar Komoditas yang Buat Penduduk Miskin RI Tembus 26 Juta Orang
Promo Hosting Murah



Jakarta, CNN Indonesia — Jumlah penduduk miskin di Indonesia tembus 26,16 juta atau 9,54 persen dari total populasi tanah air.

Read More

Berdasarkan data BPS, seseorang dikatakan miskin jika rata-rata pengeluaran bulannya baik untuk kebutuhan pangan dan non pangan, di bawah garis kemiskinan.

Pada Maret 2022, garis kemiskinan sebesar Rp505.469 per kapita per bulan. Besaran ini naik dari September 2021 yang sebesar Rp486 ribu per kapita per bulan.


BPS mencatat, ada berbagai jenis komoditas yang jika harganya naik, bisa meningkatkan kemiskinan di tanah air. Beras masih memberi sumbangan terbesar karena memberi kontribusi 19,38 persen terhadap kemiskinan di perkotaan dan 23,04 persen di perdesaan.

Kemudian yang memberikan sumbangan terbesar kedua ke garis kemiskinan adalah rokok kretek filter. Meski demikian, pada Maret 2022 kedua komoditas pangan tersebut disebut tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan.

“Yang banyak berubah (harga) telur ayam ras, minyak goreng curah meningkat, daging ayam ras dan bawang putih. Ini adalah beberapa komoditas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat miskin yang harganya meningkat,” jelas Kepala BPS Margo Yuwono dalam rilis BPS, Jumat (15/7).

[Gambas:Video CNN]

Berikut daftar lengkap komoditas yang memberikan sumbangan terbesar ke garis kemiskinan:

Makanan

– Beras
– Rokok kretek filter
– Daging ayam ras
– Telur ayam ras
– Mie instan
– Gula pasir 2,53
– Kopi bubuk & kopi instan (sachet)
– Bawang merah
– Roti
– Tongkol/tuna/cakalang
– Tempe
– Tahu
– Cabe rawit
– Kue basah

Bukan Makanan

– Perumahan
– Bensin
– Listrik
– Pendidikan
– Perlengkapan mandi
– Perawatan kulit, muka, kuku, rambut
– Sabun cuci
– Pakaian jadi perempuan dewasa
(idy/agt)

[Gambas:Video CNN]




Source link

Leave a Reply