Daun Ketapang Bermanfaat Meredakan Nyeri saat Haid, Begini Cara Mengolahnya

Wpberita Wordpress Theme

Bagi Anda kaum wanita yang sering merasakan nyeri saat haid, daun ketapang menjadi salah satu obatnya. Nyeri saat haid memang sangat mengganggu. Sakit ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Manfaat Daun Ketapang – Mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengar yang namanya daun ketapang. Daun dari tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk membantu budidaya ikan cupang, agar hewan peliharaan ini bisa hidup dengan nyaman di dalam air akuarium.

Selain untuk ikan cupang, ternyata daun ketapang juga diketahui bisa memberi manfaat positif bagi kesehatan kita lho, Toppers. Daun ini dapat berkhasiat untuk membantu kamu mengurangi derita beberapa jenis penyakit. Mau tahu manfaat yang dimiliki daun ketapang apa saja? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Sekarang jangan panik lagi. Sebab, obat herbal untuk meredakan nyeri ini cukup mudah dijumpai. Daun ketapang memang menjadi tumbuhan yang cukup banyak ditanam di Indonesia.

Baca juga :  Edukasi Calon Mahasiswa Melalui Webinar, Universitas Bung Hatta Gelar Bung Hatta Goes to School

Daunnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk meredakan nyeri haid bagi wanita. Anda tidak perlu mengkonsumsi daunnya. Cukup ekstraknya saja Anda minum.

Daun Ketapang Baik Juga Untuk Ikan Cupang

Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ketapang yang mengering dapat melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, yang dapat menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air yang nyaman bagi ikan. Tanaman ini digunakan sebagai obat penyakit kulit.

Dengan meletakkan daun ketapang pada akuarium ikan cupang dapat menurunkan pH air akuarium hingga memiliki efek anti bakteri dan anti jamur. Tak hanya itu saja, daun ketapang juga dapat menyediakan sumber makanan bagi ikan, saat daunnya terurai, sering kali diselimuti oleh biofilm yang bisa menjadi makanan ikan cupang.

Baca juga :  Desiree Tarigan Siap Berdamai dengan Hotma Sitompul, Ajukan Syarat Ini

Kegunaan Daun ketapang untuk manusia

Cara mengolahnya cukup mudah. Ambil daun ketapang secukupnya.

Daun Ketapang

Daun Ketapang (SHUTTERSTOCK/WASANAJAI via Kompas.com)Setelah daun ketapang dicuci, lalu rebus hingga mendidih.

Kemudian biarkan dingin. Saring dan tuangkan ke dalam gelas.

Ekstrak daun ketapang siap untuk diminum. Selamat mencoba!

Beberapa manfaat daun ketapang bagi kesehatan adalah:

Membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Mengurangi risiko stroke. Membantu menyembuhkan sariawan. Mempercepat penyembuhan penyakit kulit.

Daun ketapang juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa merasakan manfaat daun Ketapang ini adalah gatal-gatal, kadas, dan juga kurap. Caranya adalah dengan mengambil sari pati daun ini lalu ditempelkan kepada bagian kuliat yang bermasalah

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

Mengurangi Hipertensi
Salah satu manfaat daun ketapang adalah dapat mencegah hipertensi. Penderita hipertensi bisa mengandalkan daun ini untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi mereka. Caranya, yaitu dengan membuat ekstrak daun ketapang hingga menjadi minuman.

Baca juga :  Kapan Tentara Jepang Terdesak oleh Tentara Sekutu?

Menghilangkan Sariawan
Selain dapat merendahkan tekanan darah, khasiat daun ketapang lainnya adalah untuk menghilangkan sariawan. Sifat anti infeksi yang terkandung di dalam daun ketapang dapat membantu menyembuhkan sariawan dalam mulut yang sangat mengganggu. Cara memanfaatkannya sama seperti di atas, yakni dengan mengonsumsi ekstraknya.

Meredakan Nyeri Haid
Tentunya rasa nyeri saat haid sering dirasakan oleh para wanita. Jika kamu salah satu diantara yang mengalami kondisi ini, kamu bisa mengurangi derita dengan memanfaatkan daun ketapang. Untuk bisa membuat obat dari bahan ini, kamu terlebih dulu harus mengolahnya menjadi minuman.

Tema WordPress Berita

liputanpers.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *