Jakarta, CNN Indonesia — Dinobatkannya Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai “Sultan of Content” pada sampul majalah Forbes Indonesia membuktikan kreator konten (content creator) bisa menghasilkan cuan yang berlipat ganda.

Selain Raffi dan Nagita, Forbes Indonesia memilih empat kreator digital lain yang telah membangun ketenaran dan kekayaan melalui berbagai platform digital, serta mengunggah konten media sosial dengan tujuan positif.

Diantaranya, Vina Muliana, seorang pegawai Mining Industry Indonesia (MIND ID) yang merangkap sebagai konten kreator pemberi tips karir untuk masuk BUMN. Lalu, Fadil Jaidi, seorang YouTuber yang bermula dari membuat konten yang berfokus dengan kegiatan sehari – hari.

Selain nama-nama yang terpapar di daftar Forbes Indonesia Digital Stars, terdapat content creators lain yang menjadi bukti nyata bahwa memproduksi konten di media sosial secara konsisten dapat membuat seseorang tajir melintir.

Berikut daftarnya:

1. Arief Muhammad

Arief Muhammad yang sebelumnya dikenal sebagai penulis buku Poconggg Juga Pocong, merupakan selebgram dan pebisnis kuliner yang mendapatkan penghasilannya dari media sosial.

Saat ini, ia memiliki 4,9 juta followers di Instagram dan kerap kali menjadi viral karena konten ‘ikoy-ikoyan’ atau bagi-bagi rezeki dari penghasilannya untuk followers. Ia pun sering pamer mobil-mobil mewah yang ia miliki seperti Ferrari merahnya.

Dilansir IDX Channel, Arief mendapatkan penghasilan dari Instagram kurang lebih Rp10 juta per bulan.

Namun, itu belum termasuk endorse, dengan nilai yang berbeda-beda dari setiap iklan atau barang yang dipromosikan. Ia juga merupakan brand ambassador dari Bank Jago, Baso Aci Akang, Billionaire’s Project, dan masih banyak lagi.

Arief memiliki channel YouTube dengan jumlah subscribers sebanyak 3,07 juta. Ia kerap membagikan konten-konten review sesuatu dan kehidupan pribadi. Dari channel YouTube tersebut, Arief bisa mengantongi uang sedikitnya US$60.000 atau setara dengan Rp858.792.000 per bulan.

2. Anya Geraldine

Aktris Anya Geraldine sempat menjadi topik pembicaraan netizen dengan perannya sebagai Lydia Danira di serial Layangan Putus. Namun, ia juga punya penghasilan sebagai content creator di Instagram.

Dilansir dari Wolipop detikcom, sebelumnya ia sempat menjadi sorotan KPAI karena rekaman vlog liburan bersama pacar yang dianggap tidak senonoh.

Sejak itu, ia dikenal sebagai selebgram yang sering membagikan keseharian hingga berpose mewah di Instagram yang memikat sejumlah brand untuk meng-endorse mengingat jumlah pengikutnya mencapai 10,2 juta. Dilihat dari akunnya, Anya aktif mengunggah endorsement, mulai dari sampo, nikotin pouch hingga motor.

Ia mengaku endorsement merupakan salah satu sumber penghasilan yang menyenangkan.

“Enak, enakan duitnya selebgram karena effortless. Tahu sendiri kan tinggal posting-posting doang, jepret-jepret, senyum-senyum,” aku Anya Geraldine kepada detikcom.

Bersambung ke halaman berikutnya…

Awkarin hingga Rachel Vennya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Source link