TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengklaim pembangunan ibu kota negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi bagian penting dari transformasi Indonesia menuju ekonomi hijau. Pernyataan itu ia sampaikan di depan investor dari 40 negara dalam acara Mandiri Investment Forum.

IKN Nusantara akan dijadikan sebagai show case transformasi, baik di bidang lingkungan, cara kerja berbasis ekonomi, teknologi, dan lain-lain termasuk pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas dan tata sosial yang toleran yang menjunjung tinggi etika publik,” ujar Jokowi dalam tayangan virtual, Rabu, 9 Februari 2022.

Jokowi berujar Indonesia ke depan akan berfokus terhadap pembangunan ekonomi hijau untuk mencapai ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan langkah Indonesia mencapai target nol emisi pada 2060.

Selain mendorong pembangunan kota hijau di IKN, pemerintah, kata Jokowi, telah membangun Kawasan Industri Kalimantan Utara yang merupakan green industrial park atau kawasan industri berbasis lingkungan. Secara bertahap, Jokowi melanjutkan, Indonesia akan terus beralih ke sumber ekonomi terbarukan.

Di sisi lain, Jokowi menyatakan kebijakan ekonomi Indonesia terus didorong ke arah peningkatan nilai tambah. Salah satu upayanya ialah dengan hilirisasi sumber daya alam (SDA) produk-produk tambang, seperti nikel. Beberapa waktu lalu, pemerintah telah mengeluarkan larangan ekspor bijih nikel atau raw material.

“Hilirasasi produk-produk tambang seperti nikel akan didodorong untuk bauksit, tembaga, dan lain-lain,” ucap Jokowi. Jokowi mengatakan selain meningkatkan nilai tambah, hilirisasi akan membuka peluang kerja.

Adapun Indonesia, Jokowi melanjutkan, juga telah mulai membangun ekosistem industri semi-conductor. Ekosistem ini ditandai dengan investasi poly silicon dan chip design. Jokowi mengajak para investor untuk menanamkan modal ke Indonesia seiring transformasi ekonomi yang berlangsung.

Pemerintah, kata Jokowi, menjamin kemudahan investor melalui pelbagai regulasi. “Saya mengundag investor menanamkan investasi. Pemerintah menjamin keamanan investasi,” kata Jokowi.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

BACA: Pangkas Biaya Logistik, Jokowi Minta Perbaiki Jalan ke Sentra Produksi

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.




Source link