Dirjen Bina Keuangan: ASN Harus Berpola Pikir Layani Publik dan Jaga Integritas

Dirjen Bina Keuangan: ASN Harus Berpola Pikir Layani Publik dan Jaga Integritas
Promo Hosting Murah


TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri  Agus Fatoni mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN), agar bekerja dengan pola pikir melayani publik. Dia mengatakan perlu juga untuk menjaga integritas dan akuntabilitas dalam bertugas.

Read More

“Agar kita terus memperbaiki diri, (lebih) termotiviasi dan kemudian memperbaiki kinerja, memperbaiki pelayanan kita (agar) lebih cepat lebih dan berkualiatas,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip pada Minggu, 15 Mei 2022.

Dalam acara halal bihalal di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah secara hybrid pada Jumat, 13 Mei 2022 kali ini, dia mengatakan kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap minggu. Kegiatan ini, kata Fatoni, bisa diikuti oleh rekan-rekan ASN di daerah dan masyarakat melalui YouTube dan media sosial Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah.

Fatoni mengingatkan juga, bahwa ASN harus memiliki budaya kerja yang bisa melayani publik. Sebab itu bisa mengubah sistem kerja yang semakin terbuka dan transparan, sehingga bisa lebih dipercaya publik.

Dia menuturkan, siraman rohani penting untuk menguatkan integritas yang menjadi pondasi utama. “Ada sentuhan pribadi masing-masing (dalam siraman rohani) untuk menjaga akuntabilitas, integritas dan meningkatkan kinerjanya masing-masing,” tuturnya.

Tradisi halal bihalal ini diharapkan bukan sekedar seremonial, namun juga menjadi momentum berbenah, perbaikan, dan mengintrospeksi diri bagi para pegawai. Khususnya pekerja di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah.

Menurut Fatoni, integritas perlu ditegakkan sebagai salah satu wujud syukur telah diberi nikmat, rezeki, serta kesehatan. Dia menyampaikan bahwa integritas juga akan mendatangkan keberkahan, kedamaian, dan ketengangan.

“Akuntabilitas dalam bekerja perlu dijaga, karena seluruh pekerjaan kita, harus kita pertanggungjawabkan, baik secara administratif, kita pertanggungjawabkan kepada masyarakat maupun kepada bangsa dan negara,” ujarnya soal akuntabiltas dan integritas ASN

FAIZ ZAKI

Baca Juga: Kemendagri Pangkas Tunjangan Kinerja Daerah





Source link

Leave a Reply