Denpasar, CNN Indonesia — Maskapai Qatar Airways hadir kembali di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dan mengawali penerbangan perdananya menggunakan pesawat tipe Boeing 787-8 Dreamlier registrasi A7-BCC rute Doha-Denpasar, Bali, pada Minggu (27/3).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai , Herry AY Sikado, mengatakan, Qatar Airways pada pendaratan perdananya tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 17.31 Wita dan mengangkut 222 orang dan dijadwalkan akan berangkat kembali menuju Doha pada Senin (28/3) pukul 01.05 Wita.

Adapun berdasarkan jadwal regulernya akan terbang setiap hari Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu untuk rute Doha-Denpasar sedangkan Denpasar-Doha pada hari Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali diisi rute perdana Doha yang terbang secara reguler dengan dilayani oleh maskapai Qatar Airways, hal ini menambah rute penerbangan internasional menjadi enam rute yaitu Narita, Singapore, Melbourne, Sydney, Kuala Lumpur dan Doha,” kata Herry, Minggu (27/3) malam.

“Penerbangan ini sesuai jadwal reguler terbang setiap empat kali dalam seminggu. Kami, sangat antusias atas penerbangan perdana ini yang dimana maskapai Qatar Airways merupakan penerbangan satu-satunya yang melayani penerbangan rute Doha, untuk itu sebagai sambutan istimewa kami berikan water salute pada pendaratan perdananya,” imbuhnya.

Sementara, kegiatan penyambutan water salute sudah rutin dilakukan pada penerbangan perdana internasional oleh personel tim Airport Rescue Fire Fighting PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai. Hal itu, sebagai bentuk apresiasi menyambut pembukaan koridor penerbangan internasional.

“Sejak beroperasinya penerbangan internasional, kami senantiasa mengevaluasi layanan agar dapat terbang dengan aman dan nyaman utamanya fasilitas yang menyangkut implementasi protokol kesehatan serta kelancaran alur kedatangan maupun keberangkatan bersama pemangku kepentingan,” ujarnya.

Herry menyebut tidak menutup kemungkinan peluang maskapai lainnya untuk membuka rute baru ke Ngurah Rai, seiring dengan pelonggaran aturan pelaku perjalanan luar negeri dan menjadi tugas untuk memastikan semua dapat berjalan lancar.

“Sebagai informasi dengan mendaratnya maskapai Qatar Airways, catatan statistik lalu lintas angkutan udara di Bandara I Gusti Ngurah Rai khusus penerbangan internasional periode Maret 2022 telah melayani sebanyak 21.253 penumpang dengan rincian kedatangan sebanyak 13.671 penumpang dan keberangkatan 7.582 penumpang serta pergerakan pesawat udara mencapai 192,” ujar Herry.
(kdf/kid)

[Gambas:Video CNN]



Source link