TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Erick Thohir, yakin perhelatan akbar MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, bakal mendongkrak branding Indonesia sebagai negara pariwisata. 

National branding kita menjadi sangat penting,” kata Erick pada saat meresmikan Pertamina Grand Prix of Indonesia, Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Februari 2022.

Menurut Erick, pertumbuhan ekonomi salah satunya didorong oleh investasi yang ditanamkan di dalam maupun di luar negeri. “Faktor yang tidak kalah pentingnya bagaimana pariwisata juga harus bisa memposisikan dengan baik.”

Lebih lanjut, Erick Thohir menyebutkan bahwa pemerintah saat ini tengah mendorong berbagai event multinasional agar memperoleh branding nasional di mata dunia sebagai negara pariwisata.

Sebagai contoh, di tahun 2023 Indonesia menjadi tuan rumah ajang piala dunia sepak bola U-23 dan tempat kejuaraan dunia untuk basket bersama dengan Filipina dan Jepang.

“Artinya ketika kita bicara national branding, penting sekali kita memposisikan bagaimana Indonesia yang maju dan mendunia,” ucapnya. 

Lebih jauh, Erick Thohir menyatakan pentingnya MotoGP ditangani secara serius karena merupakan ajang yang terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. “Tidak hanya sekali-sekali di Indonesia, berbeda dengan beberapa kejuaraan dunia tadi ataupun Asian Games. Tetapi ajang MotoGP ini Insya Allah berjalan selama 10 tahun di Indonesia,” tuturnya.




Source link