Golkar, PAN dan PPP Berkoalisi, Demokrat dengan Nasdem?

Golkar, PAN dan PPP Berkoalisi, Demokrat dengan Nasdem?


TEMPO.CO, Jakarta –¬†Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan pihaknya masih belum menentukan koalisi dengan partai lain menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Meskipun mereka telah berkomunikasi intensif dengan partai politik lainnya seperti Partai Nasional Demokrat (Nasdem), AHY menyatakan semuanya masih sangat cair.

Read More

“Tentu masih sangat cair teman-teman, kita ikuti saja terus ya. Karena saya yakin bulan-bulan ke depan sampai akhir 2022, terlebih fase awal 2023 mungkin sudah semakin terang peta koalisinya seperti apa,” ujar AHY di Medan, Sumatera Utara, Kamis, 12 Mei 2022.

“Tetapi hari ini sangat cair, dan kami berhubungan dengan sangat baik dengan semuanya,” kata AHY.

AHY menyatakan Demokrat masih terus menjajaki berbagai kemungkinan koalisi dengan partai politik lainnya. Dia menyatakn terus berkomunikasi dengan tokoh-tokoh politik untuk menghadapi Pilpres 2024.

“Saya berkomunikasi dan berhubungan baik ya, bersilaturahim dengan partai-partai politik lainnya. Siapa pun, termasuk tokoh-tokoh politik. Mengapa?, karena ingin kita terus menjajaki kemungkinan-kemungkinan,” ucap AHY.

Menurut AHY partai berlambang bintang mercy yang dipimpinnya tersebut harus melakukan berbagai upaya membangun koalisi, jika menginginkan ikuti kontentasi Pilpres 2024.

Dalam beberapa bulan terakhir, AHY memang terus menggelar pertemuan dengan sejumlah ketua umum partai politik lain. Pada awal bulan ini, dia menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jakarta. Dia juga sempat bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di kantor DPP Nasdem, Jakarta pada Maret lalu.

Meskipun demikian, Demokrat tak masuk ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk oleh Golkar, Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan. Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, menyatakan bahwa pihaknya mensyaratkan ketua umum mereka, Airlangga Hartarto, menjadi calon presiden dari koalisi tersebut.

Partai Demokrat sendiri sebelumnya menyatakan siap mengusung AHY bersama dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Hal itu tak lepas dari hasil sejumlah survei yang menyebutkan bahwa keduanya berpotensi menjadi pasangan kuat pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Akan tetapi Demokrat masih harus membangun koalisi untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold.

Baca: Koalisi Indonesia Bersatu Penuhi Ambang Batas Pencalonan Presiden





Source link

Leave a Reply