Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 1)

Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 1)
Promo Hosting Murah


Dead%2BRingers%2B%25281988%2529

Naviri Magazine – Umumnya, orang melakukan kejahatan dengan alasan “logis” atau “rasional”. Misal, orang merampok karena terdesak keadaan. Atau, orang membunuh lantaran dendam. Tentu saja yang mereka lakukan—merampok atau membunuh—jelas kesalahan dan kejahatan. Tetapi, setidaknya, kita bisa memahami bagaimana kejahatan itu bisa terjadi.

Read More

Di atas hal itu, ada kejahatan yang bisa dibilang lebih mengerikan, yaitu kejahatan yang dilakukan tanpa alasan logis atau rasional sebagaimana kejahatan umumnya. Kejahatan jenis mengerikan ini biasanya dilakukan oleh para psikopat. Mereka membunuh bukan karena apa pun, tapi untuk bersenang-senang. Mereka melakukan kejahatan tanpa alasan selain karena mereka memang ingin melakukan.

Sosok-sosok psikopat semacam itu telah sering diangkat ke dalam film, dengan berbagai kisah. Terkait hal itu, berikut ini adalah daftar 50 tokoh atau karakter psikopat yang dianggap terbaik dalam film. Daftar ini dimulai dari nomor 50 dan diakhiri nomor 1. Silakan disimak.

50. Early Grace

Dalam: Kalifornia (1993)

Pemeran: Brad Pitt

Sutradara: Dominic Sena

Brian (David Duchovny) dan Carrie (Michelle Forbes) punya rencana memulai kehidupan baru di California. Mereka rela memberi tumpangan kepada Early dan pacarnya Adele (Juliette Lewis). Tak disangka, kelakuan Early semakin lama semakin tak terkendali. Mabuk, membunuh Adele, memperkosa Carrie dan menyerang Brian. Mau tak mau, Brian harus berbalik melakukan perlawanan terhadap Early.

Film ini menarik karena kehadiran Pitt dan Duchovny yang saat itu belum terkenal. Memang bukan film yang masuk kategori sangat bagus, tapi penampilan Pitt dengan jenggot dan rambut tak rapi semakin mengesankan tipikal penderita gangguan jiwa.

49. Louis Mazzini

Dalam: Kind Hearts and Coronets (1949)

Pemeran: Dennis Price

Sutradara: Robert Hamer

Louis D’Ascoyne-Mazzini punya kharisma, gaya dan moral yang membuat dia menjadi karakter menarik. Film ini berdasarkan novel karangan Roy Horniman, dengan Hamer sebagai penulis naskah dan sutradara. Pada zaman film yang masih hitam-putih itu, penampilan Price yang tenang dan dingin justru menimbulkan kesan menakutkan.

Mulanya, Mazzini dan ibunya adalah golongan ningrat dari keluarga besar D’Ascoyne. Tapi karena ibunya memaksa menikah dengan penyanyi opera, dia pun diusir orangtua. Setelah dewasa, Mazzini memutuskan untuk menjadi seorang Duke dalam keluarga. Dan untuk mencapainya, dia melakukan berbagai macam cara, termasuk yang paling keji.

48. The Mantle Twins

Dalam: Dead Ringers (1988)

Pemeran: Jeremy Irons

Sutradara: David Cronenberg

Di film ini, Irons menjadi dua orang kembar, Beverly Mantle dan Elliot Mantle. Berkat efek komputer, Irons bisa tampil sebagai dua orang dalam satu adegan. 

Kembar ini dikisahkan sangat identik, bahkan keduanya sama-sama berprofesi sebagai dokter. Masalah utama muncul setelah mereka jatuh cinta pada perempuan yang sama. Awalnya, perempuan itu tidak menyadari, tapi akhirnya tahu karena yang satu lebih agresif dibanding yang lain, hingga mendatangkan masalah pada banyak orang.

47. Mother

Dalam: Mother’s Day (1980), Mother’s Day (2010 – remake)

Pemeran: Rose Ross, Rebecca De Mornay

Sutradara: Charles Kaufman, Darren Lynn Bousman

Dia adalah perempuan abnormal yang tinggal di hutan bersama dua putranya, Ike (Holdem McGuire, Patrick Flueger) dan Addley (Billy Ray McQuade, Warren Kole). Karena senang melihat tindakan pemerkosaan dan penyiksaan, dia menyuruh Ike dan Addley menculik orang-orang yang masuk ke hutan, untuk disiksa sampai mati.

Begitu sadisnya film ini, banyak negara yang melarang peredarannya. Di Australia, Mother’s Day pernah dirilis di bioskop dengan rating “Dewasa,” tapi kemudian dibatalkan dan dilarang sama sekali hingga hari ini. Sementara di Inggris, Mother’s Day akhirnya ditayangkan tahun 2006 di salah satu stasiun televisi, Horror Channel. 

Tahun 2010, film ini di-remake dengan menambahkan karakter putra ketiga, Johnny (Matt O’Leary). Sayang, gagal di pasaran. Dengan biaya pembuatan sebesar 11 juta dolar, pemasukannya hanya 870 ribu dolar. 

46. Edward “Ed” Theodore Gein

Dalam: Ed Gein (In the Light of the Moon – 2000)

Pemeran: Steve Railsback

Sutradara: Chuck Parelo

Kisah nyata tentang Ed Gein yang dibesarkan oleh ayahnya, si pemabuk, dan ibunya yang terobsesi dengan “kehidupan suci,” takut akan dosa. Lingkungan keluarga yang tidak wajar membentuk dirinya menjadi seorang laki-laki dengan kelainan jiwa yang aneh. 

Setelah dewasa, Ed merasa senang membunuh, makan daging manusia, mengoleksi tulang manusia, bahkan membuat baju dan topeng dari kulit manusia. Ed ditangkap polisi pada 1957, dan ditempatkan di rumah sakit jiwa Wisconsin, Amerika Serikat. Dia menghabiskan sisa hidupnya di sana, hingga meninggal dunia pada 1984.

Dalam ajang Spain’s Citges International Film Festival, film ini meraih penghargaan sebagai Film Terbaik. Sementara Railsback, yang memerankan Ed, diganjar penghargaan Aktor Terbaik. Karakter Ed yang menakutkan menjadi inspirasi pembuatan film The Texas Chainsaw Massacre (1974). 

Baca lanjutannya: Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 2)



Source link : Naviri.org

Majalah online. Menyajikan berita dan artikel seputar pengetahuan umum, gaya hidup, entertainment, dan teknologi.

Leave a Reply