LIPUTANPERS.COM – Setiap tahun saat ini, ada rumor yang terus meningkat tentang iPhone berikutnya, dan 2021 tidak terkecuali. Bersamaan dengan acara Spring Loaded yang diadakan Apple pada 20 April, rumor tentang iPhone besar berikutnya merajalela. Keluarga iPhone 12 berusia enam bulan, namun sudah ada banyak bocoran dan spekulasi tentang iPhone berikutnya, yang mungkin dikenal sebagai iPhone 13. (Atau bisa juga iPhone 12S, atau hanya “iPhone” seperti iPad generasi keempat. Mungkin iPhone 21 karena tahun 2021?)

Saya mengumpulkan rumor terbaru dan paling gigih tentang kamera, spesifikasi, dan fitur iPhone 13 (dan kami memiliki lebih banyak informasi tentang biaya iPhone 13 yang dikabarkan, tanggal rilis potensial dan bagaimana iPhone 13 dapat dibandingkan dengan iPhone 12) dan memperkirakan mengetahui apa yang dibutuhkan iPhone 13 agar sukses. Anggap ini daftar keinginan iPhone 13.

iphone-12-pro-max-cameras-lens-1897-1-2

Dan hanya untuk memperjelas, ini adalah rumor dan bocoran. Tidak ada yang pasti sampai Apple mengumumkannya secara resmi. Beberapa rumor ini berasal dari bulan lalu. Yang lainnya berumur beberapa bulan atau bahkan tahun dan terus meningkat kembali ke relevansinya.

 

iPhone 13 mungkin mendapatkan baterai yang lebih besar

iPhone 13 mungkin mendapatkan baterai yang lebih besar

iPhone 13 mungkin mendapatkan baterai yang lebih besar

Rumor pertama adalah iPhone 13 akan mendapatkan baterai yang lebih besar. Masa pakai baterai iPhone 12 bagus. Dalam penggunaan, baik iPhone 12 dan 12 Pro bertahan sehari tanpa masalah. Dalam pengujian baterai kami dengan video loop yang diputar dalam mode pesawat, 12 Pro bertahan 15 jam dan 56 menit; iPhone 12 bertahan selama 17 jam dan 14 menit.

Tapi ini jauh dari masa pakai baterai terbaik yang pernah kami lihat. Samsung Galaxy S21, dengan baterai 4.500-mAh-nya, bertahan 18 jam 3 menit dalam pengujian yang sama. Galaxy S21 Ultra dan baterai 5.000 mAhnya bertahan selama 22 jam 57 menit. Dan kedua ponsel tersebut memiliki tampilan kecepatan refresh yang tinggi, yang dapat membebani baterai lebih banyak lagi.

Meskipun Apple tidak pernah mengungkapkan kapasitas baterai di dalam iPhone, situs-situs seperti iFixIt, yang menjual kit untuk mengganti baterai, menunjukkan bahwa iPhone 12 dan 12 Pro menggunakan baterai 2.815 mAh. Yang brilian adalah Apple mendapatkan begitu banyak kehidupan dari baterai kecil itu murni melalui efisiensi pada prosesor seri A dan iOS-nya.

Sekarang bayangkan menerapkan efisiensi tersebut ke baterai fisik yang lebih besar. Ini adalah rumor yang saya harap benar dan menurut saya kebutuhan iPhone selanjutnya. Maksud saya, siapa yang tidak menginginkan masa pakai baterai yang lebih baik.

 

Pro Motion bisa datang ke layar iPhone 13

Pro Motion bisa datang ke layar iPhone 13

Pro Motion bisa datang ke layar iPhone 13

Sejak 2017, iPad Pro memiliki kecepatan refresh 120Hz. Sekarang panel itu adalah LCD, tetapi rumor menunjuk ke iPhone 13 mendapatkan OLED dengan kecepatan refresh yang tinggi. Selama bertahun-tahun, banyak dari kita yang ingin melihat fitur ini di iPhone. Ada banyak ponsel dengan titik harga berbeda yang memiliki layar kecepatan refresh tinggi seperti OnePlus Nord N10 5G seharga $ 300, yang memiliki layar 90Hz. Galaxy S21 $ 800 baru dan $ 1.200 S21 Ultra masing-masing memiliki layar 120Hz. Pekan lalu, Asus meluncurkan ROG Phone 5 yang memiliki layar 144Hz. Dan bulan lalu, ponsel RedMagic 6 diumumkan dengan layar 165Hz. Sebagai perbandingan, iPhone 12 memiliki layar 60Hz.

Mengapa Anda membutuhkan kecepatan refresh yang tinggi? Sederhananya, itu membuat semuanya terlihat lebih baik. Mengesampingkan generalisasi yang menyapu, animasi dan grafik terlihat lebih tajam, blur berkurang, game (terutama yang dirancang untuk layar dengan kecepatan refresh tinggi) tampak lebih imersif dan hidup. Pikirkan tentang betapa hebatnya tampilan game Apple Arkade 120Hz.

IPhone berikutnya membutuhkan layar 120Hz, setidaknya model “Pro” membutuhkannya. Ini akan menjadi fitur “Pro” lain yang membantu membedakan model iPhone Pro kelas atas untuk versi reguler dan mini.

Ada rumor baru bahwa model “Pro” akan mendapatkan tampilan LTPO. LTPO adalah singkatan dari Polycrystalline oxide suhu rendah. Pada dasarnya, tampilan LTPO dapat berubah di antara kecepatan refresh dengan cepat tanpa memerlukan perangkat keras tampilan tambahan. Galaxy S21 Ultra yang dirilis pada bulan Februari menggunakan layar LTPO, yang diklaim Samsung membuatnya lebih cerah tanpa menggunakan lebih banyak daya.

 

IPhone berikutnya mungkin tidak memiliki port apa pun

iPhone 12

Ada desas-desus bahwa iPhone 13 tidak akan memiliki port Lightning. Sejak Apple melepas jack headphone pada tahun 2016 dengan iPhone 7, orang-orang berspekulasi bahwa suatu hari Apple akan membuat ponsel yang sepenuhnya tanpa port. Pada bulan Desember, penyebar rumor terpercaya Ming-Chi Kuo menegaskan bahwa Apple akan merilis iPhone pada tahun 2021 tanpa porta.

Peluncuran pengisian daya MagSafe oleh Apple pada iPhone 12 membuatnya lebih mudah membayangkan masa depan tanpa porta seperti itu. Namun, dalam bentuknya saat ini, pengisian daya MagSafe mencapai 15 watt. Bandingkan dengan pengisian daya 20 watt yang Anda dapatkan dengan kabel lighting-to-USB-C dan pengisi daya dinding. OnePlus memiliki pengisi daya nirkabel yang disebut Warp Charge 30 yang dapat mengisi daya pada 30 watt.

Versi MagSafe berikutnya tidak hanya harus lebih bertenaga untuk menjadi pengganti yang wajar untuk kabel pengisi daya fisik, tetapi Apple juga perlu menyelesaikan beberapa pembagian data yang saat ini disediakan oleh port Lightning. Mungkin Apple berharap 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0 dan chip ultrawideband U1 adalah pengganti untuk berbagi data? Atau mungkin akan ada versi MagSafe dengan dongle port Lightning? Siapa tahu?

Apple dapat membangun ke iPhone berikutnya sesuatu seperti konektor pintar yang ditemukan di iPad Pro saat ini. Sementara port USB-C di iPad Pro mendapatkan semua perhatian, di bagian belakang iPad terdapat tiga kontak logam datar. Saat Anda menggunakan aksesori Magic Keyboard dengan iPad Pro, aksesori tersebut akan disambungkan ke iPad melalui konektor pintar dan magnet. Anda bahkan dapat menyambungkan kabel USB-C ke bagian samping Magic Keyboard untuk mengisi daya iPad Pro. Hampir setiap hari selama pandemi, saya cukup banyak menggunakan Magic Keyboard untuk mengisi daya iPad saya melalui konektor pintar.

Mungkinkah akan ada pengisian daya “Smart MagSafe” di iPhone berikutnya? Bahkan jika rumor ini benar, melepas port iPhone terakhir bukanlah sesuatu yang perlu dilakukan Apple, setidaknya untuk saat ini.

 

Kamera baru akan hadir di iPhone berikutnya

Tampang Kamera Belakang Iphone

Kamera baru akan hadir di iPhone berikutnya

Fitur terbesar dan rumor terbesar berkisar pada kamera di iPhone. Dan ada banyak rumor yang menunjuk ke lensa baru, sensor kamera baru dan adopsi yang lebih luas dari stabilisasi berbasis sensor di seluruh jajaran iPhone.

Saat ini, iPhone 12 Pro memiliki kamera selfie, wide, dan ultrawide yang sama dengan iPhone 12 dan 12 Mini. Pro memang memiliki kamera telefoto 2x, tetapi tidak sama dengan 2.5x di iPhone 12 Pro Max. IPhone 13 Pro bisa mendapatkan sensor yang lebih besar untuk kamera lebarnya. Rumor ini tidak menunjukkan apakah akan sama persis dengan yang ada di iPhone 13 Pro Max atau tidak. Tetapi sensor yang lebih besar dapat menggabungkan stabilisasi berbasis sensor, yang saat ini hanya ada pada model iPhone 12 Pro Max.

IPhone 13 Pro juga dikabarkan mendapatkan kamera telefoto yang sama atau mirip dengan 13 Pro Max. Artinya, model “Pro” reguler berikutnya akan lebih mirip dengan model Pro Max. Padahal tahun ini, 12 dan 12 Pro sangat mirip.

Ada beberapa rumor tentang kamera ultrawide baru baik di iPhone 13, atau iPhone 14. (Ya, sudah ada rumor tentang iPhone berikutnya!) Kamera ultrawide di 13 mungkin mendapatkan kinerja cahaya rendah yang lebih baik dan lebih cepat. lensa bukaan. Saat ini, lensa ultrawide adalah f2.4, tetapi lensa baru bisa jadi f1.8, yang tentunya akan membantu meningkatkan kinerja cahaya rendah.

Dalam hal perangkat keras kamera, iPhone 13, terutama model Pro reguler, dapat menggunakan peningkatan yang dikabarkan ini.

 

Touch ID bisa kembali ke iPhone

IPhone 13 bisa mendapatkan pembaca sidik jari di bawah layar. Sejak ponsel Android pertama keluar dengan pembaca sidik jari di layar, orang-orang berspekulasi bahwa sensor ID Sentuh di bawah layar akan menjadi cara untuk mengurangi rasa frustrasi beberapa orang menggunakan ID Wajah (dan ini sebelum pandemi membuat masker wajah. hal sehari-hari).

Saat ini ponsel Android memiliki dua jenis sensor sidik jari dalam layar. Ada sensor optik dalam layar yang ditemukan pada ponsel seperti OnePlus 8T dan Motorola Edge Plus. Lalu ada pembaca sidik jari ultrasonik oleh Qualcomm pada ponsel seperti seri Galaxy S21.

Jika iPhone 13 mendapatkan pembaca sidik jari di layar, tidak jelas apakah ini akan menggantikan ID Wajah atau menjadi tambahan. Rumor itu juga menunjukkan bersama dengan ilustrasi paten 2019 yang diajukan Apple bahwa iPhone dapat dibuka dengan sentuhan sidik jari di mana saja di layar alih-alih lokasi sensor tunggal pada ponsel Android.

Jika Apple dapat membawa sensor ultrasonik ke titik keandalan, kemudahan penggunaan, dan keandalan seperti sensor ID Sentuh jadul yang ditemukan di iPhone SE, tidak sulit untuk membayangkannya di iPhone. Dan jika Touch ID dipasangkan dengan ID Wajah, Anda dapat memiliki lebih banyak cara untuk mengamankan dan mengakses telepon Anda. Memiliki ukuran keamanan biometrik alternatif adalah sesuatu yang dibutuhkan iPhone.

 

IPhone 13 dapat merekam video mode potret

IPhone 13 dapat merekam video mode potret

IPhone 13 dapat merekam video mode potret

IPhone berikutnya dapat merekam video mode potret. Anda mungkin terbiasa dengan mode potret, yang memungkinkan Anda mengambil foto dan memberikan gambar latar belakang buram pada gambar. Idenya adalah mereplikasi apa yang dapat dilakukan oleh sensor mirrorless atau kamera DSLR yang lebih besar dengan lensa aperture cepat. Di iPhone, mode potret terbatas hanya pada foto. Namun saat ini, ada beberapa ponsel Android seperti lini Samsung Galaxy yang dapat merekam video mode potret (atau video fokus langsung), yang mengaburkan latar belakang sambil membiarkan subjek Anda fokus. Menurut pengalaman saya, hasilnya sangat untung-untungan.

Sangat menarik untuk memikirkan apa yang dapat dilakukan Apple dengan video mode potret dan bagaimana ia menangani semua pemrosesan yang diperlukan untuk memisahkan latar depan dan mengaburkan latar belakang secara artistik. Rumor tersebut juga menunjukkan kemampuan untuk mengubah kedalaman bidang (jumlah latar belakang yang diburamkan) setelah video diambil. Akan sangat keren jika itu juga menyertakan tampilan pencahayaan potret Apple dan kemampuan untuk mengubahnya setelah fakta. Meskipun menyenangkan seperti video mode potret, itu bukan sesuatu yang dibutuhkan iPhone.

 

IPhone 13 mungkin menjadi lebih baik dalam astrofotografi

IPhone 13 mungkin menjadi lebih baik dalam astrofotografi

IPhone 13 mungkin menjadi lebih baik dalam astrofotografi

Rumor terakhir yang ingin saya soroti adalah fitur kamera lainnya. IPhone 13 mungkin mendapatkan mode astrofotografi yang lebih baik. Saat ini, Anda dapat memasang iPhone pada tripod dan, dalam kondisi tergelap, memperpanjang pengambilan mode malam hingga 30 detik. Di bawah langit dan cuaca yang tepat, Anda dapat mengambil foto langit berbintang yang layak. Tetapi ketika Anda melihat apa yang dapat dilakukan Google Pixel dalam hal astrofotografi, hal itu menyisakan banyak hal yang diinginkan di iPhone.

Jika rumor ini benar, mungkin astrofotografi masih diaktifkan dalam mode malam, tetapi Anda dapat memperpanjang waktu lebih dari 30 detik atau menggunakan fotografi komputasi untuk menangkap langit malam atau bulan yang lebih baik? Ini bisa menjadi fitur lain yang hanya ada pada model “Pro” seperti yang dilakukan Apple ProRaw saat ini. Ini jelas bukan fitur yang dibutuhkan, tetapi fitur yang bagus untuk dimiliki.

Untuk informasi lebih lanjut tentang iPhone berikutnya, baca ringkasan rumor iPhone 13 kami.

Tetap up-to-date dengan berita, ulasan, dan saran terbaru tentang iPhone, iPad, Mac, layanan, dan perangkat lunak.