Jokowi Bangga Produk Otomotif RI Diekspor ke 80 Negara

Jokowi Bangga Produk Otomotif RI Diekspor ke 80 Negara



Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga dengan pencapaian ekspor produk otomotif buatan Indonesia yang menembus 80 negara di empat benua.

Read More

Jokowi menyampaikan produk yang diekspor bukan hanya suku cadang, melainkan juga kendaraan roda empat. Meski bukan atas nama merek Indonesia, ia menyebut produk-produk itu sebagian besar diproduksi anak bangsa.

“Hampir 80-an negara yang kita ekspor di empat benua dan yang saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sudah lebih dari 75 persen,” kata Jokowi di Karawang, Selasa (15/2).

Jokowi menyampaikan ekspor produk-produk itu tak hanya mendorong pertumbuhan perusahaan besar. Pasalnya, banyak suku cadang dan aksesoris otomotif dipasok oleh usaha kecil dan menengah.

Mantan Wali Kota Solo itu berkata pencapaian ekspor ini menunjukkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Menurutnya, SDM Indonesia telah mampu bersaing di pasar dunia.

“Ini membuktikan SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam produksi mobil, sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati karena menyangkut keselamatan orang,” ujarnya.

Meski demikian, ia meminta para pelaku industri otomotif nasional tidak berpuas diri. Dia mengingatkan produk-produk buatan Indonesia punya tugas tak mudah untuk bersaing di pasar global.

“Hati-hati, produk ekspor akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Jadi, bukan hanya sendirian di pasar, tapi bersaing,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan produk otomotif buatan Indonesia telah menembus 80 negara.

Ekspor unit utuh (completely build up/CBU) Indonesia pada 2021 mencapai 294 ribu unit dengan nilai Rp52,9 triliun. Sementara itu, unit belum rakit (completely knock down/CKD) diekspor sebanyak 91 ribu set dengan nilai Rp1,31 triliun. Adapun ekspor komponen menyentuh 85 juta buah dengan nilai Rp29,13 triliun.

[Gambas:Video CNN]
(dhf/sfr)




Source link

Leave a Reply