KAI Bongkar 326 Bangunan Liar di Lintas Tanjung Priok-Ancol

KAI Bongkar 326 Bangunan Liar di Lintas Tanjung Priok-Ancol
Promo Hosting Murah



Jakarta, CNN Indonesia — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta menertibkan 326 bangunan liar yang berdiri di atas jalur kereta api lintas Stasiun Tanjung Priok menuju Stasiun Ancol.

Read More

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi wilayah dan sosialisasi terhadap pemilik bangunan yang akan ditertibkan. Menurut dia, penertiban dilakukan secara kondusif.

“Secara keseluruhan kegiatan berjalan kondusif, sebagian pemilik bangli juga ada yang telah melakukan pembongkaran mandiri,” ujar Eva dalam keterangan resmi, Senin (14/3).

Eva mengatakan penertiban bangunan liar ini mengacu pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

“Setiap orang dilarang membangun gedung, membuat tembok, pagar, tanggul, bangunan lainnya, menanam jenis pohon yang tinggi, atau menempatkan barang pada jalur kereta api yang dapat mengganggu pandangan bebas dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api,” tulis pasal 178 aturan tersebut.

Apabila terdapat oknum yang melanggar aturan tersebut, maka undang-undang memberikan sanksi tegas berupa pidana penjara paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp15 juta.

Manajemen mengimbau agar masyarakat tidak mendirikan bangunan di sekitar jalur kereta api karena dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Selain itu, perusahaan meminta masyarakat yang tinggal berdekatan dengan jalur kereta api untuk ikut menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah ke jalur kereta api.

[Gambas:Video CNN]

(fry/aud)




Source link

Leave a Reply