Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk memfasilitasi mudik gratis bagi pengemudi sepeda motor pada Lebaran tahun ini.

Anggaran tersebut digunakan untuk menyiapkan ratusan bus dan truk guna mengangkut pemudik dan kendaraan roda duanya. Meski demikian, program mudik gratis tersebut diklaim sudah tak lagi menerima peserta karena kuota yang disediakan sudah penuh.

“Sejak minggu lalu, kami sudah mengadakan mudik gratis dan menyediakan anggaran sekitar Rp20 miliar. Kami siapkan 700 bus untuk penumpang dan 70 mobil truk untuk sepeda motornya, namun kuotanya sudah habis,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam konferensi pers, Kamis (21/4).

Selain itu, Budi menjelaskan bahwa program mudik gratis tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi kemacetan lalu lintas. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat mudik dengan lancar dan nyaman.

“Kemenhub juga berupaya mereduksi potensi pergerakan masyarakat yang cukup banyak dengan menyediakan mudik gratis,” terang dia.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memproyeksikan bahwa pergerakan kendaraan roda dua selama Lebaran dapat mencapai belasan juta kendaraan.

“Kendaraan itu yang akan mudik Lebaran sekitar 23 juta kendaraan roda empat dan 17 juta kendaraan roda dua,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, ia mengimbau agar masyarakat memanfaatkan program mudik dengan transportasi umum.

Kemudian, Firman juga meminta agar masyarakat melakukan perjalanan mudik lebih awal. [Gambas:Video CNN] (fry/bir)






Source link