Kesetaraan Gender jadi Isu Prioritas W20 di G20

Kesetaraan Gender jadi Isu Prioritas W20 di G20



Jakarta, CNN Indonesia — Co-chair W20 Indonesia 2022 Dian Siswarini mengatakan isu kesetaraan gender akan menjadi salah satu dari empat prioritas isu yang diusung Women 20 (W20) dalam Presidensi G20 di Indonesia.

Read More

Dilansir dari Antara (11/2), Dian menjelaskan bahwa keempat isu prioritas tersebut bertujuan mempromosikan kesetaraan, keamanan, kesejahteraan dengan menghapus diskriminasi dan ketimpangan yang menghambat partisipasi perempuan dalam kemajuan perekonomian.

“Yang pertama adalah mengenai diskriminasi dan kesetaraan. Sebetulnya, masalah diskriminasi atau kesetaraan gender itu sudah didiskusikan di setiap presidensi yang sebelumnya, tetapi kami lihat bahwa banyak sekali hal yang persisten, artinya masih selalu muncul, walaupun kesetaraan gender ini sudah diperjuangkan bertahun-tahun,” ujar Dian dalam acara media update “Rangkaian Kegiatan Multilateral Women 20 Indonesia” yang diikuti secara daring.

“Ini nantinya produknya adalah usul terhadap policy pemerintah,” lanjutnya.

Isu prioritas W20 kedua adalah inklusi ekonomi, yakni lewat mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

“UMKM ini merupakan pilar utama yang mendukung ketangguhan ekonomi Indonesia pada saat pandemi. Jadi, UMKM ini sangat penting untuk dijadikan fokus, dalam konteks W20 tentu yang kita ingin bantu adalah UMKM yang dimiliki oleh perempuan,” katanya.

Ia mengatakan prioritas ketiga W20 adalah mengusung isu prioritas untuk meningkatkan ketahanan perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas.

Terakhir, W20 akan mengangkat isu kesehatan, khususnya terkait akses terhadap fasilitas kesehatan yang adil secara gender.

“Tujuannya adalah mendapatkan respons kesehatan atau akses terhadap fasilitas kesehatan yang setara atau adil secara gender,” jelas Dian.

[Gambas:Video CNN]
(tdh/bir)




Source link

Leave a Reply