TEMPO.CO, JakartaKilang minyak milik PT Pertamina (Persero) di Balikpapan, Kalimantan Timur, sempat terbakar pada siang hari ini, Jumat, 4 Maret 2022. Area Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan, PT Kilang Pertamina Internasional, Ely Chandra, memperkirakan kebakaran terjadi sekitar pukul 10.32 WITA. 

Ely menjelaskan, sekitar pukul 11.00 WITA kilang Balikpapan sudah dalam kondisi aman. Kilang juga tetap dapat beroperasi setelah PT Kilang Pertamina Internasional bergerak cepat memadamkan api.

“Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air,” kata Ely dalam keterangan resmi, Jumat, 4 Maret 2022.

Adapun soal penyebab timbulnya api, menurut Ely, hingga ini belum diketahui dan masih menunggu hasil investigasi. Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak panik, karena kejadian tersebut masih di dalam perimeter kilang dan saat ini api telah berhasil dikendalikan.

“Saat ini tim terus melakukan pendinginan dengan menggunakan air dan foam,” ujar Ely. 

Situs resmi Pertamina menyebutkan Refinery Unit (RU) V Balikpapan tercatat sebagai salah satu unit Bisnis Direktorat Pengolahan Pertamina yang produknya disalurkan ke kawasan Indonesia bagian timur. Sejumlah produknya disalurkan ke Indonesia bagian barat dan diekspor.




Source link