Mendag Ungkap Sederet Keuntungan Kerja Sama Dagang dengan Korsel

Mendag Ungkap Sederet Keuntungan Kerja Sama Dagang dengan Korsel



Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan sederet keuntungan yang bisa diperoleh jika kerja sama di sektor dagang dengan¬†Korea Selatan disetujui dan dijalankan.

Read More

Adapun perjanjian kerjasama ini tertuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Indonesia-Korea Selatan Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) yang diharapkan bisa segera disepakati menjadi UU.

“Dari segi politis, implementasi ini bisa memperkuat hubungan bilateral. Dari segi hukum keuntungan dari IK-CEPA akan memberikan kepastian hukum dan keseragaman aturan perdagangan bagi kedua negara,” ujarnya di gedung¬†DPR RI, Selasa (5/7).


Dari sisi ekonomi ini dikatakan akan meningkatkan perekonomian nasional dan memperluas lapangan kerja. Di sisi lain juga bisa meningkatkan perkembangan teknologi negeri yang ditransfer dari Korea Selatan (Korsel).

“Ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan ekonomi nasional, peningkatan daya saing, memperluas lapangan kerja, meningkatkan kapasitas transfer teknologi nasional, memperdalam kerja sama antara para pihak yang bergabung,” jelasnya.

Di penghujung rapat, para anggota komisi VI menyetujui dan sepakat agar RUU IK-CEPA dibawa ke paripurna untuk disahkan menjadi UU.

Tak hanya itu, komisi VI dan pemerintah juga sepakat untuk membawa RUU tentang Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Comprehensive Economic Partnership/RCEP) ke rapat paripurna dan kemudian disahkan menjadi UU.

“Dengan disetujuinya RUU tersebut maka untuk selanjutnya dibawa pembicaraan tingkat dua pada rapat paripurna DPR RI, untuk disahkan menjadi UU,” tutup Pimpinan rapat kerja Komisi VI Mohammad Haekal.

[Gambas:Video CNN]
(idy/dzu)

[Gambas:Video CNN]




Source link

Leave a Reply