Mengenal 11 Anak Soekarno dan Kisah Hidup serta Kariernya!

Megawati Soekarnoputri

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang Mengenal 11 Anak Soekarno dan Kisah Hidup serta Kariernya!.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Mengenal 11 Anak Soekarno dan Kisah Hidup serta Kariernya!

Presiden pertama di Indonesia, yaitu Ir. Soekarno memang selalu menjadi sorotan publik hingga sekarang, terutama anak-anak Soekarno yang sebagian besar berkecimpung dalam dunia politik.

Ir. Soekarno atau yang lebih akrab dipanggil Bung Karno ini dikenal akan kecakapan dan kharismanya yang tidak bisa dielakkan.

Jadi tak heran kalau Sang Proklamator ini memiliki istri sebanyak sembilan orang.

Tapi tidak dari semua istrinya ini memberikannya anak. Hanya beberapa istri dari Soekarno yang telah melahirkan anak-anaknya.

Bagi Moms yang penasaran akan sosok anak-anak Soekarno, simak daftarnya di artikel ini hingga akhir, ya.

Baca Juga: 8 Cucu Soekarno, Mayoritas Terjun ke Dunia Politik Indonesia

Daftar Anak-anak Soekarno

Hingga saat ini tercatat ada sekitar 11 anak-anak Soekarno dari istri yang berbeda-beda.

Diketahui bahwa Fatmawati menjadi ibu dari lima anak-anak Soekarno dan selebihnya adalah anak-anak Soekarno dari istri-istri yang lain.

Walaupun merupakan anak dari presiden, tapi uniknya tidak semua anak-anak Soekarno ini memiliki profesi yang sama yakni sebagai politikus.

Ada beberapa yang jutru memilih terjun menjadi seniman, bahkan pebisnis.

Untuk tahu selengkapnya, coba langsung kita lihat saja yuk anak-anak Soekarno dengan potret ceritanya masing-masing!

1. Megawati Soekarnoputri

Foto: Megawati Soekarnoputri (www.hops.id)

Anak Soekarno yang pertama adalah Megawati Soekarnoputri. Megawati menjadi salah satu anak-anak Soekarno yang sangat terkenal karena sukses meniti karier menjadi politikus.

Lahir pada tahun 13 Januari 1947, ia memiliki karier politik yang dimulai sejak tahun 1986 hingga saat ini.

Karier pertamanya dimulai sebagai wakil ketua PDI Cabang Jakarta Pusat dan dalam jangka waktu satu tahun, ia sudah menjadi salah satu anggota DPR.

Ia pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia dari tahun 2001 hingga 2004.

Sebelumnya, Megawati juga memegang berbagai posisi politik, termasuk sebagai anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), serta sebagai Wakil Presiden di bawah pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Namanya tercatat dalam sejarah sebagai presiden perempuan pertama di Indonesia. Hingga saat ini, ia masih aktif menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

Baca Juga: Mohammad Hatta: Biografi, Pendidikan, dan Perjalanan Politiknya

2. Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati SoekarnoputriFoto: Rachmawati Soekarnoputri (teguhtimur.wordpress.com)

Anak Soekarno yang kedua adalah Rachmawati Soekarnoputri yang sekilas wajahnya memang mirip sekali dengan Megawati Soekarnoputri sehingga seringkali disebut sebagai kembarannya.

Dari tampilan wajah, tatanan rambut, dan gaya berbusananya tampak mirip, maka tak heran kalau banyak orang yang salah mengenalinya.

Pantas saja kedua orang ini memiliki tampilan yang mirip karena ternyata Rachmawati dan Megawati memiliki ibu yang sama, yakni Fatmawati.

Meskipun ikut berkecimpung di dunia politik, peran politik Rachmawati tidak sebesar peran Megawati dalam politik nasional.

Ia lebih dikenal sebagai aktivis dan intelektual yang memiliki minat dalam pemikiran politik dan sosial, serta berupaya menjaga warisan ideologis ayahnya.

Rachmawati lahir pada tanggal 27 September 1950 dan telah meninggal pada usia 71 tahun, tepatnya pada 3 Juli 2021, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

3. Sukmawati Soekarnoputri

Sukmawati SoekarnoputriFoto: Sukmawati Soekarnoputri (news.detik.com)

Masih dengan anak-anak Soekarno dengan Fatmawati, Sukmawati Soekarnoputri menjadi adik kandung dari Megawati dan Rachmawati.

Tak berbeda jauh dari kakak-kakaknya, Sukmawati Soekarnoputri yang lahir pada tanggal 26 Oktober 1951 ini juga berkecimpung di dunia politik.

Ia pertama kali mendirikan dan menghidupkan kembali Partai Nasional Indonesia dengan nama PNI Soepeni di tahun 1998. Lalu pada tahun 2002, Sukmawati mengubahnya menjadi PNI Marhaenisme.

Sukmawati ini sering kali mendapatkan sorotan publik karena komentar pedasnya mengenai pemerintah yang terbilang kontroversial.

Baca Juga: 40 Daftar Lagu Nasional Indonesia dan para Penciptanya, Yuk Kenalkan pada Si Kecil!

Guruh Soekarnoputra menjadi anak bungsu dari Soekarno dengan Fatmawati. Pria yang lahir pada…

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Mengenal 11 Anak Soekarno dan Kisah Hidup serta Kariernya! yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia