Mengenal Aneka Manfaat Anggur untuk Kesehatan (Bagian 2)

Mengenal Aneka Manfaat Anggur untuk Kesehatan (Bagian 2)
Promo Hosting Murah


anggur%2B2

Naviri Magazine – Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Mengenal Aneka Manfaat Anggur untuk Kesehatan – Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Read More

Menjaga kesehatan jantung

Penelitian menemukan bahwa kandungan zat resveratrol dalam anggur memiliki manfaat dalam meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberi kesempatan darah untuk dapat mengalir lebih lancar. 

Penelitian itu dilakukan saat tubuh dalam keadaan santai, dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah, atau saat darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. Hal itu bermanfaat dalam peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

Selain itu, tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, dan hal itu bermanfaat dalam mencegah pembekuan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam anggur juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

Sumber vitamin

Mengonsumsi buah anggur merah sama artinya menyuplai kebutuhan vitamin bagi tubuh, yang dapat membantu menjaga kesehatan. Setiap satu porsi anggur merah memberikan sekitar 16 mg vitamin C, yang merupakan sekitar 27 persen dari kebutuhan harian. 

Sejumlah vitamin lain juga terdapat dalam anggur, di antaranya:

  • 22 mcg vitamin K (sekitar 28% dari nilai diet harian)
  • 0,4 mg thiamin (27 persen dari nilai harian)
  • Vitamin E
  • Vitamin A, asam pantotenat
  • Vitamin B6
  • Folat
  • Beta karoten
  • Alpha karoten

Vitamin membantu fungsi proses tubuh agar berjalan secara benar, yang akan mengurangi risiko masalah kesehatan tertentu.

Kaya mineral

Buah anggur juga mengandung sejumlah mineral penting yang baik untuk kesehatan. Dalam setiap satu porsi anggur merah terdapat mineral, di antaranya:

  • 288 mg kalium 
  • 0,2 mg tembaga
  • 0,1 mg mangan
  • 0,5 zat besi

Selain itu, anggur merah juga mengandung beberapa mineral dalam jumlah kecil, di antaranya kalsium, magnesium, seng, dan selenium.

Manfaat kognitif

Selain bisa dimakan sebagai buah, anggur juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Dalam hal ini, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jus anggur dapat memberi manfaat dalam mengoptimalkan kemampuan kognitif. 

Penelitian tersebut menemukan, para siswa yang mengonsumsi 1 hingga 2 cangkir jus anggur setiap hari selama beberapa bulan memperlihatkan peningkatan hasil tes pada Califonia Verbal Learning Test. Diduga, resveratrol dalam anggur meningkatkan aliran darah ke otak hingga 200 persen, sehingga daya kognitif ikut meningkat.

Penelitian lain menunjukkan bahwa resveratrol dalam anggur membantu mengurangi kadar amyloidal-beta peptida pada penderita penyakit Alzheimer. Penelitian itu menduga bahwa anggur membantu meningkatkan kesehatan otak, dan mencegah perkembangan penyakit degeneratif.

Melindungi tubuh dari radiasi

Salah satu teknik pengobatan kanker adalah dengan radiasi. Sering kali, proses pengobatan dengan radiasi memberi efek negatif bagi tubuh penerimanya. Dalam hal ini, kandungan nutrisi anggur terbukti dapat membantu melindungi tubuh terhadap terapi radiasi, saat digunakan sebagai pengobatan terhadap kanker.

Membantu pemulihan otot

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam anggur diketahui dapat mendukung sel-sel dan organ tubuh, membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, serta memberi dukungan terhadap pemulihan cedera otot.

Baca lanjutannya: Mengenal Aneka Manfaat Anggur untuk Kesehatan (Bagian 3)



Source link : Naviri.org

Majalah online. Menyajikan berita dan artikel seputar pengetahuan umum, gaya hidup, entertainment, dan teknologi.

Leave a Reply