Mengenal Aneka Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan (Bagian 2)

Wpberita Wordpress Theme

Naviri Magazine – Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Mengenal Aneka Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan – Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Selain dapat dikonsumsi sebagai buah segar, sebagian orang juga menikmati cempedak sebagai makanan olahan. Ada yang menjadikan cempedak sebagai bahan kolak, atau menggorengnya seperti pisang. Berikut ini uraian mengenai aneka manfaat mengonsumsi cempedak, terkait dengan kesehatan.

Membantu kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam cempedak membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga kornea mata selalu sehat. Mata yang normal biasanya mengeluarkan mukus, yaitu cairan lemak kental yang dikeluarkan sel epitel mukosa, sehingga membantu mencegah terjadinya infeksi. 

Bila tubuh kekurangan vitamin A, sel epitel akan mengeluarkan keratin, sehingga sel-sel membran akan kering dan mengeras. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah keratinisasi. Bila berlanjut akan menyebabkan penyakit xeroftalmia, yang jika tidak diobati akan memicu kebutaan.

Baca juga :  Mengenal Big Data dan Memahami Fungsinya (Bagian 2)

Membantu kesehatan pencernaan

Selain vitamin C, nutrisi penting lain dalam cempedak adalah serat pangan (dietry fiber) yang cukup tinggi. Serat sangat penting bagi tubuh, khususnya untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal tersebut disebabkan kemampuan serat dalam mengikat asam empedu yang berperan besar dalam pencernaan dan penyerapan lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan, makanan yang kaya serat juga baik bagi penderita diabetes, karena dapat membantu mengontrol gula di dalam darah.

Menurunkan kadat kolesterol

Kemampuan menurunkan kolesterol dalam tubuh tidak hanya dimiliki oleh kandungan serat dalam cempedak, tapi juga oleh kandungan vitamin C yang dimiliki buah ini. 

Vitamin C dalam cempedak dapat mengusir kolesterol jahat dari dalam darah, dan membantu kolesterol baik untuk mengalir lebih lancar. Kolesterol jahat dapat menimbulkan banyak penyakit berat, di antaranya masalah jantung.

Mengusir parasit dari tubuh

Baca juga :  Bagaimana agar Warung Makan Kita Masuk Aplikasi Go-Food? Ini Penjelasannya

Selalu ada kemungkinan keberadaan parasit jahat di dalam tubuh kita, yang dapat mengganggu kinerja organ tubuh, selain dapat menimbulkan masalah kesehatan. Mengonsumsi cempedak dapat membantu mengusir parasit-parasit yang tidak dibutuhkan tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh

Cempedak mengandung bioflavonoid yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mengusir radikal bebas, dan memelihara sel-sel sehat di dalam tubuh kita. Kombinasi itu menjadikan tubuh tidak mudah terserang masalah, dan jauh dari penyakit.

Membantu diet

Mengonsumsi buah cempedak memberi rasa kenyang yang cukup lama, sekaligus memberikan nutrisi yang cukup. Hal itu bisa dimanfaatkan bagi Anda yang sedang berdiet karena ingin menurunkan berat badan. 

Antitumor dan antimalaria

Tidak hanya buahnya yang memiliki manfaat, kulit batang cempedak ternyata juga memiliki khasiat, karena mengandung senyawa yang tergolong flavonoid dan bersifat antioksidan. Uji biologis menunjukkan, hanya dengan konsentrasi kurang dari 4 mikrogram per mililiter, senyawa kimia dalam kulit batang cempedak dapat membunuh biakan sel tumor leukemia hingga tinggal separuh.

Baca juga :  Mengenal Youtube Shorts, Keunggulan dan Kekurangannya Dibanding TikTok dan Instagram Reels

Selain antitumor, kulit batang cempedak juga memiliki senyawa utama heteriflavon C, yang dapat menghilangkan parasit penyebab malaria hingga 100 persen. 

Penemuan tersebut mempunyai arti penting, karena—berdasarkan catatan WHO—ada 300 juta hingga 500 juta kasus malaria setiap tahun. Saat ini, penduduk di Indonesia Timur telah banyak menggunakan kulit batang cempedak sebagai obat tradisional untuk mengatasi malaria.

Catatan:

Meski memiliki banyak kandungan manfaat, namun buah cempedak mengandung ascobic acid, sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsi cempedak dalam jumlah banyak, karena dapat membuat gas di dalam lambung. 

Hal ini perlu lebih diperhatikan, jika Anda kebetulan penderita sakit maag, karena mengonsumsi cempedak—apalagi dalam jumlah besar—bisa memicu masalah atau penyakit Anda.

Tema WordPress Berita

Source link : Naviri.org

Majalah online. Menyajikan berita dan artikel seputar pengetahuan umum, gaya hidup, entertainment, dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *