Mengenal Big Data dan Memahami Fungsinya (Bagian 2)

Wpberita Wordpress Theme

Naviri Magazine – Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Big Data dan Memahami Fungsinya – Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ketiga adalah Variety. Maps bisa menjadi contohnya. Informasi mulai dari pencitraan satelit, berbagai sensor di jalanan, dan review pengguna adalah ragam informasi atau data yang wajib dimiliki big data. 

McAfee mengungkapkan, dengan menggunakan big data dalam pengambilan keputusan, perusahaan-perusahaan yang mengisi posisi tiga besar dalam berbagai industri, mengungkapkan bahwa mereka 5 persen lebih produktif dan 6 persen lebih menguntungkan daripada kompetitor yang tidak memanfaatkan big data. Big data, dapat diimplementasikan ke segala bidang. Termasuk juga di pendidikan. 

Georgia State’s Nursing School misalnya, memanfaatkan big data untuk menganalisis mahasiswa mereka. Hasilnya, sebagaimana diungkapkan Timothy M. Renick, pembantu Rektor universitas tersebut mengatakan, “Kamu (mahasiswa) boleh mendapatkan nilai C atau A dalam kelas merawat dan (kamu) akan tetap sukses (melanjutkan kuliah).” 

Baca juga :  Tips Menggendong Anak di Saat Hamil, agar Aman dan Nyaman

Ia lantas melanjutkan, “tapi jika kamu memperoleh angka yang rendah di pelajaran matematika, saat menjadi mahasiswa junior maupun senior, kamu melakukan sesuatu yang celaka.” 

Analisis big data yang dilakukan universitas tersebut mengungkapkan bahwa terdapat kurang dari 10 persen mahasiswa keperawatan dengan nilai C pada kelas matematika yang kemudian lulus di kampus tersebut. Bandingkan dengan sekitar 80 persen mahasiswa keperawatan di kampus tersebut yang pada akhirnya lulus dengan paling tidak memperoleh nilai B+ pada pelajaran Aljabar dan Statistik. 

Analisis big data mengungkapkan bahwa matematika sangat berpengaruh terhadap mata kuliah seperti biologi, mikrobiologi, psikologi, dan farmatologi, yang harus dihadapi oleh mahasiswa kampus tersebut. 

Georgia State merupakan salah satu kampus yang memanfaatkan big data untuk menganalisis kemungkinan seorang mahasiswa akan drop-out atau gagal kuliah di kemudian hari. Dengan analisis big data, pihak kampus akan menyiapkan penasihat yang memberikan kiat-kiat agar mahasiswa mereka bisa bertahan dan sukses di kemudian hari. 

Baca juga :  Resep Alami Menurunkan Kolesterol | Naviri Magazine

Analisis big data pun bisa dimanfaatkan untuk menentukan apakah seorang mahasiswa salah mengambil jurusan atau tidak. Dr. Renick mengungkapkan, “ketika Amazon melihat buku apa yang kamu pilih dan (Amazon) membuat prediksi buku apa yang kemungkinan kamu sukai, (prediksi tersebut) tidak membutuhkan mengapa kamu menyukai buku ketiga.” 

Ia melanjutkan, “Big data kami tidak memerlukan secara pasti mengapa mahasiswa memperoleh nilai yang jelek. Hal tersebut terjadi ribuan dan ribuan kali. Kami melihat pola.”

Big data tidak perlu mencari jawaban mengapa si mahasiswa memperoleh nilai yang jelek. Ia hanya menangkap pola si mahasiswa, lalu membandingkannya dengan mahasiswa lain yang memiliki pola yang mirip. Kemudian, hasil analisis big data memberikan masukan. 

Big data diprediksi akan kian populer digunakan, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang ingin jauh lebih mengerti pelanggannya. Sebanyak 78 persen perusahaan setuju bahwa koleksi dana dan analisis yang dilakukan big data akan berpotensi mengubah bagaimana bisnis berjalan secara fundamental. 

Baca juga :  Gara-gara Bau Mi Instan, Pria Thailand Tewas Ditikam Tetangga

Big data diyakini 55 persen perusahaan akan meningkatkan relasi dengan pelanggan mereka. Selanjutnya, 53 persen setuju bahwa jalannya bisnis akan lebih menonjolkan data. Dengan berbagai manfaat tersebut, big data dan aplikasi analisis bisnis di seluruh dunia akan tumbuh dan terus tumbuh. 

Garis merah yang ada dalam Google Maps merupakan contoh sederhana bagaimana data yang besar, real-time, dan dihadirkan secara cepat. Ini jelas bermanfaat bagi Google untuk “mengunci” loyalitas pengguna memanfaatkan aplikasi Google Maps. Big data tak hanya memberikan data yang besar, tapi ia juga memberikan jawaban untuk memahami banyak hal dari serpihan-serpihan yang paling kecil. 

Tema WordPress Berita

Source link : Naviri.org

Majalah online. Menyajikan berita dan artikel seputar pengetahuan umum, gaya hidup, entertainment, dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *