Mengenal Perusahaan Ekspedisi, Bukan Cuma Kirim Barang

Mengenal Perusahaan Ekspedisi, Bukan Cuma Kirim Barang


TEMPO.CO, Jakarta – Saat ini, perkembangan teknologi membuat maraknya perdagangan online di e-commerce. Hal ini kemudian mendorong melahirkan perusahaan ekpedisi sebab permintaan para pelaku bisnis untuk menyalurkan barang dagangannya ke konsumen. Saat ini, perkembangan perusahaan ekpedisi di Indonesia tumbuh sangat pesat, banyak diminati, dan semakin kompetitif. Namun, apa perusahaan ekpedisi itu?

Read More

Melansir dari eprints.umm.ac.id, di Indonesia, terdapat beberapa jasa pengiriman seperti Pos Indonesia, JNE, TIKI, J&T Express, Si Cepat, Wahana, dan masih banyak lagi. Jasa-jasa  pengiriman tersebut bergerak di bawah perusahaan ekspedisi. Perusahaan ekpedisi didefinisikan sebagai forwarding agent atau perusahaan yang memberikan jasa dalam bentuk pengumpulan, pengurusan, pergudangan, dan penyerahan barang. Dengan demikian, perusahaan ekspedisi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang, kurir ekspres, dan logistik.

Dijelaskan dalam lionparceljakarta.id, setiap perusahaan ekpedisi memiliki peraturan atau prosedurnya tersendiir dalam mengirimkan barang. Ada yang memiiki prosedur yang mudah dan sederhana, tetapi juga tidak sedikit perusahaan ekpedisi yang mempunyai sederet aturan yang rumit dalam proses pengiriman barang.

Umumnya, prosedur yang rumit cenderung memiliki keamanan pengiriiman barang yang lebih aman dan memuaskan. Oleh sebab oti, konsumen harus pandai memilih jasa ekpedisi yang teliti dan terbukti melakukan pengiriman dengan baik

Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan oleh perusahaan ekpedisi dalam mengirimkan barang. Pertama, mengidentifikasi barang yang dikirim tidak melanggar hukum dan sesuai dengan ketentuan perusahaan ekpedisi yang bersangkutan. Kedua, packing atau pengemasan barang dengan ketentuan jenis barang mudah pecah, cairan atau makanan.

Beberapa perusahaan ekpedisi tidak menerima jenis barang-barang tertentu. Ketiga, pengurusan administrasi surat yaitu berupa izin dan administrasi bea cukai yang bersangkutan. Pihak perusahaan ekpedisi akan mengatur dan mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengiriman.

Dikutip dari repository.stei.ac.id, salah satu cara mengembangkan usaha yang dilakukan perusahaan ekspedisi yaitu dengan melakukan sistem kemitraan. Para pengusaha ekpedisi bekerjasama langsung dengan perusahaan e-commerce dan customer regular (pedagang konvensional). 

NAOMY A. NUGRAHENI 

Baca: Ingin Buka Perusahaan Ekspedisi? Ketahui Pola Kerjanya

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.





Source link

Leave a Reply