Mengenal Sport Tourism dan Manfaatnya

Indonesia menjadi negara dengan potensi yang sangat baik, khususnya dalam agenda sport tourism Indonesia. Peluang tersebut tak lepas dari kekayaan alam yang dimiliki, ditambah dengan berbagai macam tradisi, adat-istiadat, serta kebudayaan setiap provinsi yang berbeda-beda.

Sport tourism sudah bertransformasi sebagai industri pariwisata dengan perkembangannya yang sangat signifikan di seluruh dunia, terkhusus di Indonesia. Dalam wisata olahraga, atau sport tourism adalah segmen industri pariwisata yang paling cepat perkembangannya, yakni perjalanan yang berkaitan dengan olahraga dan aktivitas fisik.

Agenda yang sudah rutin di gelar di berbagai kota di Indonesia dikenal sebagai semua bentuk keterlibatan aktif dan pasif dalam kegiatan olahraga. Umumnya, ada tiga kategori dari sport tourism, diantaranya menyaksikan pertunjukan olahraga, mengunjungi tempat-tempat wisata yang berkaitan dengan event olahraga ataupun tidak, dan berpartisipasi atau terlibat aktif.

Berbagai manfaat yang akan terasa dengan hadirnya sport tourism di wilayah tertentu. Dari sudut pandang pariwisata, agenda event sport tourism adalah mampu menghadirkan pemasukan dari atau menggerakan perekonomian masyarakat di sekitaran tempat event, yang merupakan dampak dari meningkatkan jumlah pengunjung atau wisatawan ke daerah tempat wisata. Dengan kata lain, terselenggaranya event secara reguler dapat berkontribusi terhadap tingkat pendapatan masyarakat.

Keuntungan dan manfaat pertama adalah menciptakan pekerjaan serta pendapatan baru. Selama pelaksanaan kompetisi membutuhkan panitia dalam kuantitas yang tidak sedikit, dengan tugasnya untuk menyukseskan acara dengan terlibat langsung dalam keseluruhan kerja-kerja teknis, baik dalam venue inti atau di sekitar venue atau titik perlombaan.

Manfaat kedua yakni mendatangkan pasar baru bagi usaha-usaha lokal, terlebih perusahaan lokal dengan basisi atau layanan ekonomi maupun produk tertentu, berhubungan dengan event tersebut. Kemudian manfaat selanjutnya adalah meningkatkan pajak serta jumlah investasi jangka menengah dan panjang dalam meningkatkan fasilitas pendukung hingga infrastruktur.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tinggalkan Balasan