Menhub Klaim Kemacetan Arus Mudik di Pelabuhan Merak Mulai Berkurang Tadi Sore

Menhub Klaim Kemacetan Arus Mudik di Pelabuhan Merak Mulai Berkurang Tadi Sore


TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Perhubungan mengklaim kepadatan arus mudik kendaraan di Pelabuhan Merak mulai terurai pada tadi sore, 30 April 2022. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kondisi mulai lancar berdasarkan pantauan di Posko ASDP.

Read More

“Setelah tadi pagi sampai siang saya ke Merak. Kami melakukan satu upaya untuk menambah Pelabuhan yaitu Indah Kiat dan Ciwandan. Sore ini kondisi terlihat lebih lancar dan berdasarkan pengecekan di Posko ASDP terjadi satu penurunan antrean kendaraan menjadi lebih pendek,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 April 2022.

Dia mengatakan, pelabuhan tambahan tersebut juga mendapatkan kapal tambahan. Pada Dermaga Ciwandan sebanyak sembilan kapal, dan Dermaga Indah Kiat sejumlah dua kapal.

“Di Merak sendiri sudah ada 44 kapal. Jadi total sekarang sudah ada 53 kapal,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, adanya tambahan pelabuhan dan kapal tambahan tersebut bisa mengalihkan sekitar tiga ribu penumpang dan bisa memecah kepadatan yang ada di Pelabuhan Merak. Menurut data ASDP, kata Budi, pergerakan penumpang di Pelabuhan Merak mencapai 37 ribu kendaraan pada Jumat kemarin.

Jumlah tersebut lebih tinggi daripada jumlah pemudik pada tahun 2019 yang mencapai 28 kendaraan dalam sehari. Selain di pelabuhan, kondisi jalan tol Jakarta ke arah Timur hingga Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang dikatakan relatif lebih lancar.

“Seperti terlihat di CCTV Posko Jasa Marga, dari KM 70 – KM 414 Kalikangkung (Semarang) terpantau lancar, begitu juga di Cipularang dan tol layang MBZ tidak ada kemacetan,” kata Budi.

Untuk lalu lintas udara, Budi mengatakan telah terjadi penurunan pergerakan penumpang pada hari ini dibandingkan dengan Jumat kemarin. “Setelah pergerakan pesawat sempat menembus 1.054 flight. Hari ini relatif turun sekitar 900 flight,” ujarnya.

Pada transportasi laut, Budi mengklaim tidak ada kejadian yang menonjol dan pegerakan penumpang kapal relatif terkendali.

“Saya sampaikan terima kasih kepada para petugas yang bekerja di lapangan, terutama kepada rekan-rekan kepolisian yang bekerja luar biasa mengatur lalu lintas, dalam upaya mewujudkan mudik yang aman dan sehat dan membawa kegembiraan bagi masyarakat,” tuturnya.

FAIZ ZAKI

Baca: Bingung Soal Migrasi Siaran TV Analog ke Digital? Kontak Chatbot Whatsapp Ini

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu





Source link

Leave a Reply