Mensos Risma Pastikan Awasi Ketat Penyaluran BLT Minyak Goreng

Mensos Risma Pastikan Awasi Ketat Penyaluran BLT Minyak Goreng
Promo Hosting Murah


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan pengawasan untuk penyaluran bantuan langsung tunai atau BLT minyak goreng di seluruh Indonesia, tak terkecuali hingga wilayah Papua. Ia mengatakan penyaluran BLT minyak goreng kepada 20,56 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hingga 21 April 2022.

Read More

Penyaluran BLT minyak goreng tersebut dipastikan padan dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang telah divalidasi.

Di beberapa kasus seperti penyaluran bantuan di Papua, Mensos Risma menggunakan cara tertentu untuk memantau agar tepat sasaran.

“Seperti contoh di Papua, terpaksa kita gunakan kepala suku untuk bersama-sama, ada gereja. Ada bahkan kita nyarter (sewa) pesawat khusus,” kata Mensos Risma di gedung MPR/DPR Rabu 13 April 2022.

Dia juga menegaskan penyaluran BLT minyak goreng ini harus selesai sebelum bulan Mei. Kemudian pada bulan Mei, KPM akan menerima bantuan sosial (bansos) reguler seperti biasanya. Penyaluran dana BLT minyak goreng dilakukan antara tanggal 4-21 April bersama dengan program kartu sembako atau BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

BLT minyak goreng diberikan dengan indeks Rp100 ribu setiap bulan selama tiga bulan (April, Mei dan Juni), yang diserahkan sekaligus pada bulan April 2022. Sehingga masyarakat yang memenuhi syarat akan menerima bantuan senilai Rp300 ribu per KPM – yang diserahkan secara tunai melalui PT Pos Indonesia.

BLT Minyak Goreng menjangkau sasaran sebanyak 20,65 juta KPM. Mereka adalah 18,8 juta KPM Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan 1,85 juta KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum terdaftar sebagai penerima BPNT.

Baca: Kemensos Pastikan Penerima Kartu Sembako Akan Dapat BLT Minyak Goreng





Source link

Leave a Reply