TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengatakan tidak tahu siapa yang memasang baliho bergambar dirinya di Lampung Selatan.

“Saya tidak tahu terkait hal tersebut. Apakah itu iklan perusahaan atau ekspresi mendukung pemberantasan korupsi di tanah air,” kata Firli lewat keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.

Firli menganggap baliho itu mengandung pesan antikorupsi. Menurut dia, pesan itu baik. “KPK mengucapkan terima kasih,” kata dia.

Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pemasangan baliho itu bukan program lembaganya. Dia mengatakan tidak ada anggaran KPK yang digunakan untuk pemasangan baliho.

“Kami memastikan bahwa pemasangan baliho pesan antikorupsi dimaksud tidak menjadi bagian program KPK dan juga tidak menggunakan anggaran KPK,” kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri lewat keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.

Dia mengatakan peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi tidak hanya melalui penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana korupsi dalam proses penegakan hukum. Dia mengatakan masyarakat juga bisa terlibat dalam pengawasan pelaksanaan pemerintah dan pembangunan, serta pesan antikorupsi.

“Pesan antikorupsi penting terus digelorakan, agar satu sama lain saling mengingatkan untuk menjauhi perilaku-perilaku korupsi,” kata dia.

Sebelumnya, baliho Firli menjadi perbincangan warganet di Twitter. Mantan juru bicara KPK Febri Diansyah menjadi salah satu yang menyoroti adanya baliho tersebut di akun Twitternya. “Yth. Pak @firlibahuri ada foto Bapak di baliho gede di Lampung Selatan. Udah tahu belum, Pak?” kata Febri lewat cuitannya, Rabu, 20 April 2022.

Febri menyertakan unggahan dua foto baliho tersebut. Foto baliho pertama dengan latar belakang merah memperlihatkan Firli sedang berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo. Di baliho itu, ada tulisan ‘Kita berbakti untuk negeri membebaskan NKRI dari korupsi’. Sementara foto satu lagi dengan latar biru memperlihatkan Firli sedang memberikan salam. Kalimat khas KPK ‘Berani jujur hebat’ terpampang di baliho tersebut.

Febri mempertanyakan munculnya baliho tersebut. Dia bertanya apakah KPK memiliki program sosialisasi. “Atau apa @KPK_RI ada program sosialisasi ak dg baliho?” kata dia. Febri menjelaskan bahwa kedua foto itu dikirim oleh temannya yang sedang bertugas di Jalan Raya Natar, Lampung Selatan. “Btw, fotonya bagus, pak,” tulis Febri diakhiri emoji senyuman.

Adanya baliho bergambar Firli Bahuri bukan kali ini saja terjadi. Pada pertengahan Februari lalu, foto baliho dengan wajah Firli ramai dibicarakan di media sosial. Baliho itu menampilkan wajah Firli dengan tulisan “Siapa Saja Yang Korupsi Kita Tangkap”. Baliho itu juga menggunakan logo KPK.




Source link