Mutasi Perwira Tinggi TNI dan Perwira Tinggi Polri, Siapa Terbanyak Tahun Ini?

Kasus Covid-19 Hari Ini Bertambah 602, Meninggal 24 Orang
Promo Hosting Murah


TEMPO.CO, Jakarta -Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polri melakukan mutasi terhadap 15 Pati Polri yang hampir bareng dengan sertijab para perwira tinggi TNI.

Read More

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo turut melakukan upacara pengukuhan dan serah terima jabatan atau sertijab mutasi Pati Polri setingkat lebih tinggi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Rabu, 29 Juni 2022.

“Selain melantik dan serah terima jabatan, Kapolri melaksanakan Korps Raport (kenaikan pangkat) untuk beberapa golongan pangkat. Untuk Pati ada 15 orang,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Mabes Polri.

Di hari yang sama, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga melaksanakan upacara sertijab untuk enam jabatan strategis di lingkungan TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. TNI melakukan mutasi jabatan terhadap 180 Perwira Tinggi atau Patitertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022, tertanggal 27 Juni 2022.

“Baru enam jabatan yang disertijabkan,” kata Kabid Penum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Mengutip dari ANTARA, Dedi Prasetyo menjelaskan, salah satu Pati Polri yang naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal (Komjen) adalah Komandan Korps Brimob (Dankorp Brimob) Komjen Pol Anang Revandoko. Sementara untuk kenaikan pangkat perwira menengah (Pamen) menjadi Komisaris Besar (Kombes) di seluruh Indonesia ada 110, ada 443 perwira lain yang menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP, dan Kompol ada 303.

“Sedangkan kenaikan pangkat untuk perwira pertama ada AKP sebanyak 205 orang, Iptu 572 dan Ipda 597,” kata dia.

Pada awal 2022 lalu, Polri juga melakukan mutasi kepada sejumlah Pati dan Pamen. Listyo Sigit Prabowo merotasi 200 jabatan Pati dan Pamen Polri dalam rangka penyegaran organisasi. Alasan lainnya lantaran adanya beberapa Pati yang memasuki masa pensiun. Rotasi dan mutasi tersebut tertuang dalam tiga surat telegram Kapolri yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM (AsSDM) Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri pada 24 Januari 2022.

Salah satu yang dimutasi adalah Kombes Pol Gatot Repli Handoko yang dirotasi sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri. “Ya betul, mutasi hal yang alamiah dalam rangka pembinaan karier, tour of duty dan area serta untuk meningkatkan performa kinerja organisasi,” kata Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa, 25 Januari 2022 lalu, dikutip dari ANTARA.

Adapun 6 dari 180 Pati TNI yang dimutasi, yang telah disertijabkan pada Rabu, 29 Juni 2022 yaitu, Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI dari Letjen TNI Joni Supriyanto kepada Letjen TNI Rudianto. Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI dari Mayjen TNI Sapriadi kepada Mayjen TNI Purwo Sudaryanto. Serta, Kepala Pusat Pengkajian Strategis, Penelitian, dan Pengembangan (Kapusjianstralitbang) TNI dari Mayjen TNI Jhonny Djamaris kepada Brigjen TNI Agape Zacharia RD.

Selain itu, Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) TNI dari Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar kepada Brigjen TNI Rusmili. Kepala Pusat Reformasi dan Birokrasi (Kapus RB) TNI dari Marsma TNI Rudi Faisal kepada Kolonel Cpl Arif Hendro Djatmiko Hadi Soewigyo. Dan, Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabes TNI dari Brigjen TNI (Mar.) Oni Junianto kepada Marsma TNI Bonang Bayuaji. Demikianlah kabar teranyar mutasi di lingkungan perwira tinggi TNI AD dan Polri.

HENDRIK KHOIRUL MUHID
Baca juga: 





Source link

Leave a Reply