Pasar Tumpah di Pantura Bisa Hambat Arus Mudik, Ini Langkah Polresta Cirebon

Pasar Tumpah di Pantura Bisa Hambat Arus Mudik, Ini Langkah Polresta Cirebon
Promo Hosting Murah


TEMPO.CO, Cirebon – Polresta Cirebon menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi hari pasaran di Tegalgubug Sabtu 30 April 2022 yang berpotensi mengganggu arus mudik.

Read More

Kasatlantas Polresta Cirebon, Komisaris Alan Haikel menjelaskan Pasar Tegalgubug yang berada di Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon memasuki hari pasaran. “Kami sudah bersiap untuk kelancaran arus mudik,” tutur Alan, Jumat 29 April 2022.

Seperti diketahui, pasar sandang Tegalgubug merupakan salah satu pasar yang berada di ruas pantura dan aktivitasnya berpotensi menyebabkan hambatan lalu lintas pada arus mudik lebaran.

Polresta Cirebon, lanjut Alan, akan membuat pagar betis di sepanjang pasar yang ada di ruas jalur mudik tersebut. Pembeli maupun warga yang menyeberang akan diseberangkan bersamaan dan berkelompok untuk menghindari kemacetan. Pagar betis juga dimaksudkan agar tidak ada pedagang yang berjualan di bahu jalan.

Selain itu, tim pengurai juga disiapkan. Mereka bertugas untuk menguraikan kepadatan lalu lintas dan memandu pemudik di jalur arteri. Pada kesempatan itu, Alan juga meminta kepada pemudik untuk senantiasa mematuhi aturan lalu lintas dan petunjuk dari petugas kepolisian yang ada di lapangan.

Pasar tumpah yang ada di sepanjang ruas pantura berpotensi menghambat arus lalu lintas di masa mudik lebaran. Adanya pedagang yang berjualan di bahu jalan, warga yang lalu lalang menyeberang hingga parkir di bahu jalan menjadi penyumbang terhambatnya arus lalu lintas.

Mulyadi, seorang pemudik yang ditemui tengah beristirahat di salah satu rest area di jalur pantura Kota Cirebon mengaku harus berhati-hati setiap melewati pasar.

“Yang pasti di setiap pasar yang dilewati pasti mengurangi laju motor,” tutur Mulyadi. 

Bahkan aktivitas becak yang ada di depan pasar di jalur pantura pun menghambat arus lalu lintas. Apalagi becak-becak tersebut seringkali melawan arus. “Pokoknya harus hati-hati,” tuturnya.

Di sepanjang jalur pantura, baik Kabupaten Indramayu maupun Kabupaten Cirebon terdapat pasar-pasar tumpah. Di Kabupaten Indramayu ada Pasar Jatibarang, Pasar Eretan, Pasar Patrol di jalur utama dan Pasar Karangampel di jalur pantura tengah. Sedangkan di Kabupaten Cirebon ada pasar Tegalgubug, Pasar Minggu Palimanan, Pasar Pasalaran, Pasar Kue Weru, Pasar Mundu, Pasar Gebang hingga Pasar Losari.

Ivansyah

Baca: Polisi Akan Terapkan One Way saat Mudik, jika Nagreg Macet





Source link

Leave a Reply