Pedagang Tuding Distribusi Panjang Biang Kerok Minyak Goreng Mahal

Pedagang Tuding Distribusi Panjang Biang Kerok Minyak Goreng Mahal



Jakarta, CNN Indonesia — Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) menilai alur distribusi¬†yang terlalu panjang menjadi salah satu faktor mahalnya harga minyak goreng curah.

Read More

“Distribusi yang cukup panjang ini adalah salah satu faktor pendongkrak harga yang terus menjulang tinggi,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kebijakan Publik DPP IKAPPI Teguh Setiawan dalam keterangan resmi, Jumat (25/3).

Teguh menilai pemerintah pusat gagal menstabilkan harga minyak goreng curah. Padahal, sudah sejak pertengahan bulan ini pemerintah mewacanakan subsidi minyak goreng curah Rp14 ribu per liter.

Ia mendapat laporan sejumlah pasar tradisional di beberapa daerah mengalami kesulitan distribusi minyak goreng curah.

“Bahkan yang menyakitkan adalah harga minyak goreng curah masih di kisaran Rp20 ribu per liter,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (25/3).

Untuk itu, DPP IKAPPI meminta kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk menyederhanakan alur distribusi minyak goreng curah.

Ia pun berharap harga minyak goreng curah yang telah disubsidi pemerintah dapat segera direalisasikan sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

“Agar masyarakat bisa membeli minyak goreng curah dengan harga yang terjangkau dan menikmati Ramadhan dengan tidak terbebani pembelanjaan yang berat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) mencatat, per hari ini, rata-rata harga minyak goreng curah di pasar tradisional Rp19.450 per dolar AS atau naik 0,52 persen dalam sehari.

[Gambas:Video CNN]
(fry/sfr)




Source link

Leave a Reply