Pekan Depan, Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2022 Tahap Kedua

Pekan Depan, Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2022 Tahap Kedua
Promo Hosting Murah


TEMPO.CO, Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kembali membuka pendaftaran mudik gratis 2022 tahap kedua pada Senin, 18 April 2022. Sedikitnya anggaran Rp 10 miliar disiapkan untuk menyelenggarakan mudik gratis tahap kedua tersebut.

Read More

“Pak Menteri minta lagi. Jadi, saya tambah Rp 10 miliar lagi. Jadi semuanya Rp 20 miliar,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi kepada Tempo, Jumat, 15 April 2022.

Ia menjelaskan, penambahan anggaran ini disiapkan untuk mudik gratis bagi masyarakat dan atau sepeda motor yang bisa dibawa dari Jakarta ke beberapa kota tujuan, baik Jawa Tengah maupun Jawa Barat.

Pasalnya, kuota untuk mudik gratis 2022 tahap pertama sudah habis dalam waktu tiga hari dengan total hampir 10 ribu. “Pendaftaran tahap satu dibuka selama lima hari dan hari pertama sudah habis 40 persen, saking banyaknya yang ingin mudik. Kemudian, aplikasi kita sempat ada kerusakan,” kata Budi.

Budi mengatakan dengan tambahan anggaran tersebut, Kemenhub dapat menambah sekira 686 unit bus dengan jumlah penumpang sekitar 50.580 orang. “ Kita juga tambah jumlah truk 64 unit. Dengan demikian, sepeda motor yang bisa kita bawa nantinya sebanyak 1.920 motor,” katanya.

Tambahan anggaran tambahan tersebut berasal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub. “Dari APBN kita, tapi selain dari Kementerian Perhubungan yang menyelenggarakan mudik gratis ada dari Kementerian BUMN yang dikoordinir oleh Jasa Raharja. Kemudian, Dishub DKI dan Pak Menteri juga memerintahkan Dirjen Kereta Api dan Laut,” kata Budi.





Source link

Leave a Reply