Pertimbangan Penting Jika Ingin Memasarkan Produk di Media Sosial

Pertimbangan Penting Jika Ingin Memasarkan Produk di Media Sosial


medsos%2Bmedia%2Bsosial%2BInfluencer

Naviri Magazine – Dari banyak media sosial yang saat ini ada di internet, setidaknya ada empat platform media sosial yang sangat besar dan terkenal. Empat media sosial itu adalah Facebook, YouTube, Instagram, dan Twitter. 

Read More

Jika kita ingin menggunakan media sosial untuk memasarkan produk, media sosial manakah yang sekiranya paling efektif? Untuk menjawab pertanyaan itu, tentu saja kita harus terlebih dulu melihat produk apa yang ingin kita pasarkan.

Setiap platform media sosial mempunyai karakter masing-masing. Bill Bowers dalam ulasannya di Business News Daily, yang berjudul Social Media for Business: A Marketer’s Guide, membandingkan platform-platform tersebut. 

Dilihat dari jumlah total pengguna aktif, Facebook adalah platform yang menjanjikan. Sebagai media yang saat ini menghubungkan kurang lebih 2 miliar pengguna, Facebook telah tumbuh dari sebuah situsweb sederhana menjadi web multifaset dan platform mobile yang memungkinkan siapa pun dapat terhubung dengan keluarga, selebriti, organisasi, bisnis, berkat fitur Pages. 

Selain itu, Facebook juga berperan penting dalam viralitas penyebaran foto, video, update penting perusahaan, ke seluruh penggunanya.

Selain Facebook, Twitter merupakan media sosial yang memungkinkan untuk berbagi update teks singkat, mengirim link video, gambar, jajak pendapat, dan banyak lagi. Twitter juga merupakan saluran paling efektif yang memungkinkan konsumen berkomunikasi dengan produsen, perihal produk yang ditawarkan.

Instagram adalah sebuah platform media sosial visual, yang didasarkan sepenuhnya pada foto dan video. Saat ini, media Instagram bergabung dengan Facebook. Instagram memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif. Banyak dari pengguna yang mengunggah tentang makanan, seni, perjalanan, fashion, dan lainnya.

Dalam urusan video, YouTube adalah platform berbagi konten video, dengan lebih dari satu miliar pengguna. Pengguna juga dapat menghasilkan uang dari Google AdSense di YouTube, yang pendapatannya tergantung pada jumlah penayangan iklan pada video. Bagaimana efektivitas memasarkan produk di media sosial dengan segala ragam platformnya?

Bagus Riyantoro dari Universitas Gunadarma, dalam penelitian terhadap 100 mahasiswa Gunadarma, mengulas soal efektivitas iklan melalui jejaring sosial sebagai salah satu strategi pemasaran sebuah produk keripik. Penelitian mengukur efektivitas iklan dengan parameter berupa empati, persuasi, dampak, dan komunikasi konsumen terhadap produk. 

Responden terdiri dari laki-laki (53 persen) dan perempuan (47 persen). Usia antara 21–25 tahun (70 persen) dan di atas 26 tahun (6 persen). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan iklan produk melalui jejaring sosial sangat efektif. 

Temuan ini tentu sangat beralasan, selain karakter media sosial sebagai jejaring yang luas, media sosial begitu dekat dengan karakter sebuah generasi, terutama generasi milenial hingga generasi Z. Generasi Z misalnya, seperempat warga dunia saat ini berasal dari generasi yang lahir antara 1995 dan 2010. 

Salah satu ciri Gen Z adalah tingkat keakraban mereka dengan teknologi, khususnya media sosial. Semakin mereka remaja dan dewasa, semakin mudah mereka menyerap beragam hal lewat gawai mereka. Hal ini yang menjadi dasar mengapa media sosial menjadi sarana untuk memasarkan sebuah produk.



Source link : Naviri.org

Majalah online. Menyajikan berita dan artikel seputar pengetahuan umum, gaya hidup, entertainment, dan teknologi.

Leave a Reply