Prabowo Subianto Safari Idul Fitri 2022 ke Pondok Pesantren NU, Ini Rangkaiannya

Prabowo Subianto Safari Idul Fitri 2022 ke Pondok Pesantren NU, Ini Rangkaiannya


TEMPO.CO, Jakarta –¬†Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkeliling melawat ke sejumlah pondok pesantren Nahdlatul Ulama dan juga tokoh-tokoh NU di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat dalam safari Idul Fitri 2022. Kunjungan Prabowo ini diduga erat kaitannya dengan rencana dia untuk kembali maju pada Pemilihan Presiden 2024.

Read More

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, silahturahmi dengan para ulama dan tokoh-tokoh di pondok pesantren itu memang sudah lama direncanakan oleh Prabowo. Namun, karena kesibukan sebagai Menteri Pertahanan, kata Muzani, Prabowo baru bisa berkunjung saat libur Idul Fitri 2022.

Berikut pesantren dan tokoh-tokoh yang ditemui Prabowo:

– Selasa, 3 Mei 2022

Di hari lebaran kedua, Prabowo berkunjung ke Jawa Timur. Prabowo menemui Kiai Kholil As’ad, Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo dan Kiai Ahmad Muzaki Syaha, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri di Jember.

Muzani menyebut pertemuan dengan para ulama itu hanya sebatas ingin menjaga persahabatan dan tali silaturahmi, tidak ada membahas politik. Kendati demikian, Muzani mengklaim para kiai mendoakan langkah Prabowo lancar menjadi calon presiden 2024.

“Kiai Kholil dan Kiai Muzaki mendoakan Pak Prabowo selalu sehat, agar kemampuan serta niat-niat baik beliau bisa dimuluskan untuk menjadi presiden pada Pilpres 2024,” tutur Muzani dalam keterangannya, Selasa, 3 Mei 2022.

Pada hari yang sama, Prabowo juga menemui
menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya. Dalam kesempatan itu, keduanya saling bertukar buku. Prabowo memberikan dua buku ciptaannya yang berjudul Paradoks Indonesia dan Kepemimpinan Militer. Sementara itu, Khofifah memberikan buku tentang perjalanan serta kerja-kerja Khofifah selama menjabat Gubernur Jawa Timur.

– Rabu, 4 Mei 2022

Prabowo mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu, 4 Mei 2022. Dia disambut oleh pimpinan Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin. Prabowo juga sempat mengunjungi makam almarhum Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijit beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya,” ujar Prabowo lewat keterangan tertulis yang diterima Tempo, Rabu, 4 Mei 2022.

Prabowo mengaku sering berkunjung ke Tebuireng, tak hanya saat lebaran. “Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar (ponpes) Tebuireng. Dan saat libur ini saya keliling silaturahmi lebaran dengan sahabat sahabat lama saya. Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya,” ujar Prabowo.

– Kamis, 5 Mei 2022

Setelah dua hari di Jawa Timur, Prabowo beranjak ke Jawa Tengah. Lawatan pertamanya ke Pondok Pesantren Al-Anwar Rembang, Kamis, 5 Mei 2022. Kedatangan Prabowo disambut oleh Pimpinan Ponpes, Muhammad Najih Maimoen alias Gus Najih, putra almarhum KH Maimoen Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen.

Prabowo sempat dibawa masuk ke kamar Mbah Moen oleh Gus Najih. Ulama kharismatik Nahdlatul Ulama itu telah wafat pada 2019 lalu.

“Pak Prabowo sempat meneteskan air mata saat berdoa di kamar. Saya bertanya kenapa? Lantas Pak Prabowo menjawab, saya menganggap Mbah Moen seperti ayah saya sendiri,” ujar Gus Najih lewat keterangan dari tim media Prabowo, Kamis, 5 Mei 2022.

Gus Najih mengatakan, keluarga besar Mbah Moen sangat berterimakasih kepada Prabowo yang telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Ponpes Al-Anwar Rembang.

“Saya mewakili keluarga besar Mbah Moen sangat berterimakasih kepada Pak Prabowo yang telah menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dan ikut membantu pembangunan fasilitas pondok,” ujar Gus Najih.

Pada hari yang sama, Prabowo melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Attauhidiyah Giren Talang, Kabupaten Tegal. Kedatangan Prabowo disambut Pimpinan Ponpes, KH Ahmad Saidi.

Prabowo mengatakan, kunjungannya ini merupakan silaturahmi lebaran dengan sahabat lamanya. Keduanya berdiskusi soal berbagai permasalahan bangsa. Prabowo memberikan cinderamata berupa dua buah buku karyanya yang berjudul Kepemimpinan Militer dan Paradoks Indonesia.

Dari Tegal, Prabowo lanjut ke Pekalongan pada Kamis malam. Ia berkunjung ke kediaman KH Habib Muhammad Lutfi bin Yahya. Pertemuan berlangsung sekitar dua jam. Keduanya berbincang di ruang kamar pribadi Habib Lutfi.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) itu disebut berpesan kepada Prabowo untuk selalu berjuang membela kepentingan rakyat. Pertemuan ini sekaligus menjadi akhir perjalanan silahturahmi lebaran Prabowo di Jawa Tengah.

– Jumat, 6 Mei 2022

Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat pada Jumat, 6 Mei 2022. Dalam kunjungan tersebut, Prabowo disambut oleh KH Adib Rofiuddin Izz.

Prabowo menyebut kunjungannya ini merupakan silaturahmi dengan sahabat lama. Lawatan ini juga merupakan kunjungan balasan karena beberapa waktu lalu Adib bertamu ke kediamannya di Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Langkah Prabowo Subianto tersebut dinilai sebagai pendekatan terhadap kelompok Nahdlatul Ulama (NU). Pasalnya, Prabowo disebut akan kembali mau pada Pemilihan Presiden 2024.

Baca: Prabowo Subianto Teruskan Safari ke Ponpes NU





Source link

Leave a Reply