Presiden Rusia Nyatakan Operasi Militer Lawan Ukraina, IHSG Jeblok ke 6.791,9

Presiden Rusia Nyatakan Operasi Militer Lawan Ukraina, IHSG Jeblok ke 6.791,9


Read More

TEMPO.CO, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada siang hari ini jeblok ke level 6.791,9. Longsornya indeks terimbas sentimen dari luar negeri usai Presiden Rusia Vladimir Putin secara efektif menyatakan perang terhadap Ukraina.

Padahal IHSG pada pagi hari dibuka menguat 7,58 poin atau 0,11 persen ke posisi 6.912,48. Indeks juga sempat mencatat level tertingginya hingga 6.929,9 hingga siang ini. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 pada awal pembukaan perdagangan tercatat naik 3,19 poin atau 0,32 persen ke posisi 981,89.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari ini telah mengumumkan operasi militer khusus yang disebutnya untuk mengupayakan demiliterisasi dan de-Nazifikasi Ukraina. Artinya, Putin secara efektif menyatakan perang terhadap Ukraina.

Sebelum pukul 6 pagi waktu Moskow, Putin meminta anggota tentara Ukraina untuk meletakkan senjata dan pulang ke keluarga mereka. Namun begitu, Putin mengklaim rencananya tidak termasuk pendudukan wilayah Ukraina.

Lebih jauh, Putin juga memperingatkan kepada pihak lain yang ikut campur dengan konflik Ukraina ini supaya berhenti, jika tidak mau krisis lebih buruk terjadi.

“Kepada siapa pun yang akan mempertimbangkan untuk ikut campur dari luar: Jika Anda melakukannya, Anda akan menghadapi konsekuensi yang lebih besar daripada yang pernah Anda hadapi dalam sejarah. Semua keputusan yang relevan telah diambil. Saya harap Anda mendengar saya,” kata Putin dilansir dari Politico Europe pada Kamis, 24 Februari 2022.

Risiko turunnya IHSG pada hari ini sebelumnya sudah disampaikan oleh Tim Riset Samuel Sekuritas Indonesia. “Kami memperkirakan IHSG akan terkoreksi hari ini, dengan tekanan sentimen negatif dari bursa global dan regional,” seperti dikutip dari hasil analisis tim riset, Kamis, 24 Februari 2022.

Pada penutupan perdagangan kemarin, Rabu, 23 Februari 2022, tercatat pasar AS bergerak melemah. Dow Jones melemah 1,38 persen, S&P 500 melemah 1,84 persen, dan Nasdaq melemah 2,57 persen seiring dengan makin memanasnya tensi Rusia – Ukraina.

DANIEL AHMAD | BISNIS

Baca: Harga Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu per Kg, Pedagang Akan Mogok Senin Depan

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.





Source link

Leave a Reply