Program Pamsimas Terbaik dan Tercepat sekabupaten Bungo

Program Pamsimas Tercepat Sekabupaten Bungo

MENEMBUS ASA PAMSIMAS DUSUN BEDARO, SERAH TERIMA TERCEPAT PROGRAM PAMSIMAS SE KABUPATEN BUNGO

JAMBI, Bungo tanggal 3 November 2020 Tim PAKEM dan DPMU melaksanakan serah terima asset dan pengelolaan Pamsimas Tahun Anggaran 2020 kepada Pemerintahan Dusun Bedaro Kecamatan Muko-Muko Kabupaten Bungo.

Dalam pelaksanaan Program Pamsimas di Dusun Bedaro diwajibkan menyediakan APBDusun minimal 10% dari total anggaran, akan tetapi dengan keinginan dan keseriusan Pemerintahan Dusun dan Masyarakat Dusun ini dalam pelaksanaannya Datuk Rio Dusun Bedaro M. Thohirin Ak. ini menggangarkan dana Dusun sebesar 50 Juta. selain itu juga diwajibkan untuk membangun Sambungan Rumah (SR) minimal 40 unit per Dusun, dengan demikian pada saat ini sudah terbangun 17 SR dan sisanya telah ada daftar tunggu masyarakat untuk menjadi daftar tunggu SR sebanyak 83 rumah yang akan  menjadi tugas dan tanggung jawab KP-SPAMS nantinya yang akan dipasang.

Serah Terima Aset dan Pengelolaan Program Pamsimas Dusun Bedaro ini dihadiri langsung oleh Datuk Rio Ds Bedaro, Ketua Pakem Sastra Asnawi, S.E., M.Si, Ketua DPMU Yeni Deriyanti, S.T, Kasi Air Bersih Dinas PUPR Syapri Effendi, S.T, DC Program Pamsimas, Tim Fasilitator, KKM dan Satlak serta masyarakat Dusun Bedaro.

Sebagai bentuk rasa syukur telah mengalirnya air minum di rumah-rumah masyarakat acara serah terima dimeriahkan pula dengan acara gunting pita dan pengetesan sarana air minum yang ada dll.

Pemotongan Pita Oleh Ibu Yeni Deriyanti,ST

Pada kesempatan ini Thohirin AK selaku Datuk Rio Dusun Bedaro pada acara testimoni menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun daerah yang telah menjadikan Dusunnya untuk mendapatkan Program Pamsimas karena sebelum adanya Pamsimas masyarakat Bedaro sangat kekurangan air bersih.

Dusun Bedaro masuk dalam kategori Dusun rawan air yang berada di daerah sekitar tambang batu bara dan selama ini dusun ini sudah sangat mengidamkan air bersih untuk menuju ibu kota kabupaten dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari dusun ini.

Serah Terima Aset dan Pengelolaan Program Pamsimas Dusun Bedaro ini dihadiri langsung oleh Datuk Rio Ds Bedaro, Ketua Pakem Sastra Asnawi, S.E., M.Si, Ketua DPMU Yeni Deriyanti, S.T, Kasi Air Bersih Dinas PUPR Syapri Effendi, S.T, DC Program Pamsimas, Tim Fasilitator, KKM dan Satlak serta masyarakat Dusun Bedaro.

Dengan adanya Pamsimas yang mewajibkan masyarakat membentuk Kelompok Pengelola Sarana Air Minum dan menetapkan tarifnya tentu dengan bimbingan arahan yang terus menerus dari fasilitator masyarakat dan dukungan dari aparat Dusun maka saat ini masyarakat merasa tentram hatinya karena yakin bahwa kebutuhan air minum yang selama ini sangat diharapkan dapat terpenuhi secara berkelanjutan.

Baca juga: Kunjungan Kerja Kepala Bidang Cipta Karya Yeni Deriyanti ke Dusun Kuning Gading

Apalagi Pembangunan ini di bangun di Belakang Panti Jompo yang biasanya Datuk dan Nenek mengambil air jauh ke sumur-sumur yang ada, sehingga saat ini telah dibuat Kran Umum agar semua masyarakat panti bisa langsung mengakses air bersih secara aman dan nyaman saat ini tanpa perlu berjalan jauh ke sumur tersebut. Rasa syukur tak terhingga kehadiran pamsimas di dusun kami ini.

Pada akhir testimoni Datuk Rio Dusun Bedaro  mengucapkan rasa syukur yang mendalam bahwa selain telah tercukupi kebutuhan air minum, masyarakat Ds Bedaro saat ini mengingingkan bantuan Jamban sehat, Hal ini utk mendukung akses sanitasi yang aman di Dusun Bedaro ini.

Sastra Asnawi, S.E., M.Si selaku Ketua Pakem Program Pamsimas sekaligus Kabid Kimpraswil Kabupaten Bungo juga menuturkan bahwa pembangunan kebutuhan dasar akan air minum dan sanitasi serta bebas dari rumah kumuh sudah menjadi visi misi Pemerintah Daerah.

Untuk itu ke depan nanti akan kita coba anggarkan Pembangunan Jamban sehat di Dusun ini, akan tetapi diharapkan Pemerintah Dusun mengajukan proposal di tingkat kabupaten.

Disamping itu, Yeni Deriyanti selaku DPMU sekaligus Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Bungo berterimakasih kepada Tim Fasilitator dan masyarakat penerima Pamsimas agar senantiasa menjaga dan mengelola sarana yang sudah dibangun dengan baik agar dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih setiap hari.

Baca lagi: Serah Terima Berkas Laporan Kerja KKM Kuning Gading Ke Dinas PU Cipta Karya

Dengan pengelolaan yang baik dan benar maka kebutuhan air bersih dapat menembus asa masyarakat dan di jamin bisa berlanjut sampai anak cucu nanti” ujarnya..

Senada dengan itu, DC Kabupaten Bungo Boby Septiawan Masril, M.Kom mengatakan ini adalah buah dari kerja keras kkm dan tim fasilitator khususnya yg mendampingi Desa Bedaro.

Untuk diketahui  Tim ini adalah Safii, S.E, Imuh, S.Kep dan Fauzi Musa, S.T. dan Hasil kerja keras FM WSS yaitu Bapak Fauzi, S.T yg walau baru ± 5 bulan ini diprogram pamsimas tetapi beliau selalu semangat mendamping kkm dan satlak sehingga sarana terbangun di dusun ini bukan hanya bermanfaat tetapi juga jadi indah dan menarik. Semoga bisa menjadi contoh bagi dusun dusun lain.

Wpberita Wordpress Theme

Tinggalkan Balasan