PUPR Sarankan Pembangunan Fisik IKN Dimulai Awal Semester II Tahun Ini

PUPR Sarankan Pembangunan Fisik IKN Dimulai Awal Semester II Tahun Ini


TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah akan memulai pembangunan fisik ibu kota negara atau IKN pada awal semester kedua tahun 2022 ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan Tugas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN PUPR Imam Santoso Ernawi.

Read More

“Kami menyarankan kalau bisa awal semester II itu sudah betul-betul di lapangan walaupun kita bisa mulai dari sekarang,” kata Imam, Rabu, 2 Februari 2022.

Dengan pembangunan IKN yang lebih cepat, ia yakin target pusat pemerintahan bakal berada di Nusantara pada 16 Agustus 2024 bisa tercapai. Saat ini PUPR sudah mengantongi desain pembangunan kawasan IKN dari 750 peserta.

“Yang masuk ada 750 peserta dan ada dari luar negeri juga. Tapi yang layak menyampaikan gagasan kurang lebih 350 dan akhirnya kita merekomendasi 5 terbaik dan melaporkan ke Bapak Presiden,” tuturnya.

Imam menjelaskan, dari arahan Presiden Jokowi, kemudian dipilih pemenang pertama, kedua dan ketiga yang kemudian menjadi tim kolaborasi untuk mendesain lebih lanjut kawasan inti IKN. Dengan begitu, proses desain bisa rampung pada akhir 2021, dan secara paralel disiapkan beberapa desain berupa basic desain untuk bangunan super prioritas.





Source link

Leave a Reply