Surat Al Maidah Ayat 2: Bacaan, Arti dan Isi Kandungannya

Alquran

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang Surat Al Maidah Ayat 2: Bacaan, Arti dan Isi Kandungannya.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Surat Al Maidah Ayat 2: Bacaan, Arti dan Isi Kandungannya

Sebagai pedoman hidup umat Islam, Alquran juga menerangkan tentang bagaimana bersikap dalam kehidupan kepada sesama manusia seperti dijelaskan dalam surat Al Maidah ayat 2.

Penelitian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menunjukkan bahwa secara umum ada beberapa hal yang terkandung di dalam ayat ini yang berkaitan dengan sikap kepada sesama manusia.

Yuk, simak bacaan surat Al Maidah ayat 2 serta arti dan kandungannya.

Baca Juga: Surat At Tahrim Ayat 6, Ini Bacaan Lengkap dan Maknanya, Yuk Amalkan!

Bacaan Surat Al Maidah Ayat 2

Foto: Bacaan Surat Al Maidah Ayat 2 (Freepik.com/freepik)

Surat Al Maidah (المائدة) termasuk ke dalam surat Madaniyah. Imam Ahmad meriwayatkan, surat ini turun ketika Rasulullah SAW sedang naik unta.

Dijelaskan bahwa hampir saja paha unta itu patah karena begitu beratnya wahyu yang diterima oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini adalah bacaan dalam tulisan Arab, latin dan artinya dalam:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَائِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَائِدَ وَلَا آَمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنْ رَبِّهِمْ وَرِضْوَانًا وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآَنُ قَوْمٍ أَنْ صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَنْ تَعْتَدُوا وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Yaa ayyuhal ladziina aamanuu laa tuhilluu sya’aa,irol loohi walasy syahrol harooma walal hadya wal qolaa, ida walaaa aaammmiinal baital harooma yabtaghuuna fadlam mir robbihim waridlwaanaa.

Wa idzaa halaltum fasthooduu.

Walaa yajrimannakum syana,aanu qoumin an shodduukum ‘anil masjidil haroomi an ta’taduu.

Wa ta’aawanuu ‘alal birri wat taqwaa walaa ta’aawanuu ‘alal itsmi wal ‘udwaan. Wattaqul looha innal looha syadiidul ‘iqoob

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id,

dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari karunia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu.

Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka).

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.

Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya,” (QS Al Maidah: 2).

Baca Juga: 17 Bacaan Surat Pendek dari Juz Amma, Yuk Ajak Si Kecil untuk Menghafal!

Kandungan Surat Al Maidah Ayat 2

Kandungan Surat Al Maidah Ayat 2Foto: Kandungan Surat Al Maidah Ayat 2 (Pexels.com/Tayeb Mezahdia)

Surat Al Maidah ayat 2 dari mengandung pesan tentang pentingnya menghormati ritual-ritual keagamaan, menghindari perbuatan dosa, dan membantu satu sama lain dalam kebaikan dan ketakwaan.

Ayat ini juga menekankan larangan untuk melanggar peraturan haji dan menghormati larangan Allah.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang kandungan surat Al Maidah ayat 2.

1. Penghormatan terhadap Simbol-simbol Agama

Ayat ini menekankan pentingnya menghormati simbol-simbol agama, seperti bulan suci, binatang had-ya (hewan kurban), dan qalaa-id (hewan yang ditandai untuk dikurbankan).

Ini mengajarkan umat Islam untuk menghormati aspek-aspek ritual, tidak hanya dalam konteks haji tapi juga dalam berbagai aspek kehidupan.

2. Aturan dalam Menjalankan Ibadah Haji

Ayat ini secara khusus berbicara tentang peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan haji.

Ini mengingatkan bahwa ada aturan yang harus diikuti dan hindari melakukan pelanggaran terhadap aturan-aturan tersebut.

3. Pentingnya Toleransi dan Larangan Permusuhan

Ayat ini mengajarkan untuk tidak membiarkan permusuhan dan dendam terhadap kelompok lain mengarah pada ketidakadilan.

Ini merupakan prinsip toleransi dan keadilan, bahkan ketika berhadapan dengan mereka yang mungkin telah menyakiti atau menzalimi.

Surat Al Maidah ayat 2 juga menggambarkan larangan membenci suatu kelompok.

Ayat ini mendorong mencari solusi damai dan adil dalam konflik, serta menghindari tindakan yang didasarkan pada kebencian atau permusuhan.

Melansir laman NU Online, surat Al Maidah ayat 2 mengandung makna perintah agar saling…

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Surat Al Maidah Ayat 2: Bacaan, Arti dan Isi Kandungannya yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia