Tajwid Surat Al Maidah Ayat 48 Lengkap dengan Penjelasannya

Sajadah, Alquran, dan Tasbih

Liputanpers.com – menyajikan informasi terbaru tentang Tajwid Surat Al Maidah Ayat 48 Lengkap dengan Penjelasannya.

Anda juga bisa mencari berita terkait dalam kategori Opini, yang selalu terupdate setiap hari.

Read More

Liputanpers merupakan portal berita yang berasal dari berbagai sumber media online maupun sumber informasi swadaya masyarakat.

Setiap informasi yang di publikasikan pada situs kami cantumkan sumber serta link dari situs terpercaya dan anda bisa mengunjungi situsnya yang pada akhir artikel ini.

Simak artikel menarik lainnya tentang 5 Cara Investasi Paling Efektif, Berikut ini berita selengkapnya yang kami rangkum di bawah ini:

Tajwid Surat Al Maidah Ayat 48 Lengkap dengan Penjelasannya

Membaca Alquran tak hanya sekadar dibaca, tetapi juga perlu diperhatikan tajwidnya. Begitu pula dengan tajwid surat Al Maidah ayat 48.

Ilmu tajwid diperlukan agar bacaan Alquran tetap memberikan arti yang sama dan tidak disalahartikan.

Pasalnya, salah baca satu kata saja bisa mengubah makna dan arti ayat tersebut.

Nah, agar bacaannya tepat, yuk pelajari tajwid surat Al Maidah ayat 48 berikut ini!

Baca Juga: Kandungan Surat Al Maidah Ayat 88: Mengatur Kehalalan dalam Konsumsi serta Mencari Rezeki

Bacaan Surat Al Maidah Ayat 48 dan Artinya

Foto: Sajadah, Alquran, dan Tasbih (Orami Photo Stock)

Sebelum mempelajari tajwid surat Al Maidah ayat 48, ketahui dulu bacaan dan arti lengkapnya berikut ini:

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ 

Wa anzalnā ilaikal-kitāba bil-ḥaqqi muṣaddiqal limā baina yadaihi minal-kitābi wa muhaiminan ‘alaihi faḥkum bainahum bimā anzalallāhu wa lā tattabi’ ahwā`ahum ‘ammā jā`aka minal-ḥaqq, likullin ja’alnā mingkum syir’ataw wa min-hājā, walau syā`allāhu laja’alakum ummataw wāḥidataw wa lākil liyabluwakum fī mā ātākum fastabiqul-khairāt, ilallāhi marji’ukum jamī’an fa yunabbi`ukum bimā kuntum fīhi takhtalifụn.

Artinya:

“Dan Kami telah turunkan kepadamu Alquran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab yang lain itu.

Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu.

Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja).

Akan tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.

Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.” (QS. Al Maidah: 48).

Surat Al-Maidah memiliki arti jamuan makanan.

Sementara, surat Al Maidah ayat 48 ini, memaknai tentang peristiwa turunnya kitab suci terakhir yakni Alquran sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Tentu ayat ini harus dimaknai dengan tepat di setiap katanya.

Maka dari itu, ada banyak penggunaan ilmu tajwid surat Al Maidah ayat 48 yang harus dibaca dengan benar. 

Baca Juga: Surat Al Maidah Ayat 16: Ayat Mengenai Jalan Keselamatan

Tajwid Surat Al Maidah Ayat 48

Alquran dan TasbihFoto: Alquran dan Tasbih (news.iium.edu.my)

Jika dipelajari lebih dalam, ada banyak tajwid surat Al Maidah ayat 48 dalam satu ayat, bahkan jumlahnya bisa sampai puluhan.

Agar bisa dimaknai dengan tepat, berikut daftar hukum tajwid surat Al Maidah ayat 48 lengkap dengan penjelasannya:

1. أَنْزَ = Ikhfa haqiqi, karena ada huruf nun mati bertemu dengan huruf za. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf za.

2. وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ = Mad jaiz munfashil, karena ada bacaan mad (fathah ketemu alif نَآ) bertemu dengan hamzah di kalimat (kata) yang berbeda. Cara membacanya boleh dibaca 2, 4, atau 6 harakat.

3. إِلَيْكَ = Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.

4. الْكِتَابَ = Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf kaf.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

5. الْكِتَابَ = Mad thabi’i, karena ada fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu sukun, tasydid, atau hamzah, dibaca panjang 2 harakat (ada yang menuliskannya dengan fathah berdiri untuk menggantikan fathah bertemu alif, الْكِتٰبَ).

6. بِالْحَقِّ = Idzhar qomariah atau alif lam qomariah, karena ada alif lam bertemu huruf kha.

7. قًا لِمَا = Idgham bilaghunnah adalah bagian dari tajwid surat Al Maidah ayat 48, karena ada fathah tain bertemu dengan huruf lam. Cara membacanya masuk dengan tidak mendengung.

8. لِّمَا = Mad thabi’i, karena ada fathah ketemu alif.

9. بَيْنَ = Mad layin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.

10. يَدَيْهِ = Mad layin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.

11. مِنَ الْكِتَابِ = Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf kaf.  Cara membacanya harus terang dan jelas.

12. مِنَ الْكِتٰبِ = Tajwid surat Al Maidah ayat 48 lainnya yaitu Mad thabi’i, karena ada fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu sukun, tasydid, atau hamzah, dibaca panjang 2 harakat.

13. وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ = Idzhar halqi, karena ada fathah tanwin bertemu huruf ain.

14. وَمُهَيْمِنًا = Mad layin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.

15. نًا عَلَيْه = Idzhar halqi, karena ada tanda fathah tain bertemu dengan huruf alif. Cara membacanya adalah jelas di mulut.

16. حْكُمْ بَيْ = Ikhfa syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ba. Cara membacanya didengungkan.

17. بَيْنَهُمْ بِمَآ = Ikhfa syafawi juga termasuk dalam tajwid surat Al Maidah ayat 48, karena mim sukun bertemu ba. Cara bacanya mim sukun dibaca berdengung.

18. بَيْنَهُمْ = Mad layin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.

19. أَنْزَلَ = Ikhfa haqiqi, karena ada huruf nun mati/sukun bertemu dengan huruf za. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf za.

20. لَ اللَّهُ = Lam tafkhim, karena ada fatkhah sebelum lafal اللَّهُ. Cara membacanya ditebalkan.

21. هُمْ عَمَّا = Idzhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ain. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.

22. عَمَّا = Ghunnah musyaddadah, karena ada mim bertasydid. Bacaan pada huruf mim ditekan.

23. عَمَّا = Mad thabi’i juga bagian dari tajwid surat Al Maidah ayat 48, karena ada fathah bertemu alif, maka mim dibaca panjang dua harakat.

24. جَاۤءَكَ = Mad wajib, karena ada mad bertemu hamzah dalam satu kata. 

25. مِنَ الْحَقِّ = Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf kaf. Cara membacanya harus terang dan jelas.

26. مِنَ الْحَقِّ = Qalqalah kubra, karena qof mati karena waqof.

27. لِكُلٍّ جَعَلْنَا = Ikhfa haqiqi, karena ada dhommah tain bertemu dengan hurud jim. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf jim.

28. مِنْكُمْ = Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf kaf. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf kaf.

29. ُمْ شِرْ = Tajwid surat Al Maidah ayat 48 lainnya yaitu idzhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf syin. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.

30. شِرْعَةً وَ = Idgham bighunnah, karena ada fathah tain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.

31. وَمِنْهَا = Idzhar halqi, karena ada tanda fathah tain bertemu dengan huruf alif. Cara membacanya adalah jelas di mulut.

32. جًا وَلَو = Idgham bighunnah, karena ada fathah tain bertemu dengan huruf wawu. Cara membacanya masuk dengan mendengung.

33. وَلَوْ = Mad layin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf wawu mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.

34. شَاءَ = Mad wajib, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kalimat. Cara membacanya panjang 5 harakat.

35. ءَ اللَّهُ = Lam tafkhim, karena ada fatkhah sebelum lafal اللَّهُ. Cara membacanya ditebalkan.

36. لَجَعَلَكُمْ أُ = Idzhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf alif….

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Tajwid Surat Al Maidah Ayat 48 Lengkap dengan Penjelasannya yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Berita selengkapnya bisa anda akses melalui link berikut ini: Situs Lowongan Kerja Indonesia