Terkini Bisnis: Harga Pertamax Tak Ikut Naik, Aturan Perjalanan Terbaru

Terkini Bisnis: Harga Pertamax Tak Ikut Naik, Aturan Perjalanan Terbaru


TEMPO.CO, Jakarta – Berita terkini di kanal ekonomi dan bisnis dimulai dengan harga Pertamax yang tak ikut naik walau Pertamina mengerek harga BBM nonsubsidi jenis lain, seperti Pertamax Turbo. Pertamax tetap dipatok di harga Rp 12.500. 

Read More

Berita kedua mengenai aturan perjalanan yang berlaku untuk semua sektor transportasi. berikut ini empat berita terkini di kanal ekonomi dan bisnis. 

1. Harga Pertamax Tak Ikut Naik, Ekonom: Bahkan Perlu Diturunkan Mendekati Pertalite

PT Pertamina (Persero) tak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) RON 92 atau Pertamax meski tarifnya masih jauh di bawah harga keekonomian. Pakar ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi, mengatakan penetapan harga Pertamax di bawah harga keekonomian sangat tepat. 

“Bahkan masih perlu diturun mendekati harga Pertalite,” ujar Fahmy saat dihubungi pada Senin, 11 Juli 2022. 

Pertamina kini menjual harga Pertamax Rp 12.500 per liter. Sedangkan harga keekonomiannya adalah Rp 17.950. Dengan demikian, pemerintah memberikan kompensasi senilai Rp 5.450 untuk menutup gap harga Pertamax yang dijual Pertamina denga harga keekonomiannya.

Fahmy mengatakan tujuan penetapan harga Pertamax di bawah harga pasar ini untuk mendorong migrasi konsumen bahan bakar. “Ini untuk migrasi Pertalite ke Pertamax pada saat pembatasan Pertalite diterapkan,” ucap Fahmy. 

Baca selengkapnya di sini. 



Source link

Leave a Reply