TEMPO.CO, Jakarta – Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Ahad siang, 6 Maret 2022 dimulai dengan PPATK membekukan sementara 109 rekening yang berkaitan dengan kasus investasi ilegal berupa opsi biner dan robot trading. 

Selanjutnya tips terhindar dari penipuan investasi berkedok robot trading yang menggunakan skema Ponzi untuk menarik anggotanya.

Kemudian informasi mengenai pemerintah tengah menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak dalam menerapkan teknologi 5G untuk mengembangkan kota pintar dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain itu berita tentang Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Chairul Fadhly Harahap mengatakan sejauh ini belum dapat menyampaikan poin revisi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang jaminan hari tua atau JHT. Berikut adalah ringkasan dari keempat berita tersebut: 

1. Kasus Investasi Ilegal, PPATK Blokir 109 Rekening Senilai Rp 200 Miliar Lebih

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tercatat sudah membekukan sementara 109 rekening yang berkaitan dengan kasus investasi ilegal berupa opsi biner dan robot trading. Data tersebut terangkum hingga awal Maret 2022.

“PPATK bersikap proaktif. Sekarang rekening itu angkanya sudah di atas Rp 200 miliar. Belum lagi aset-aset lain yang mau dikejar (dari pelaku),” ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavanda saat ditemui Tempo di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Maret 2022.

Ivan mengatakan rekening yang berkaitan dengan investasi ilegal ini tersebar di 55 penyedia jasa keuangan. Rekening dimiliki afiliator atau pemengaruh, penyedia barang dan jasa seperti dealer mobil mewah dan agen perumahan, hingga tempat penukaran uang atau money changer.

Lembaganya, kata Ivan, mempunyai kewenangan untuk melakukan penghentian transaksi sementara selama 20 hari kerja. PPATK tengah memantau transkasi sejumlah pihak yang berkaitan dengan investasi bodong. Sejak awal tahun, PPATK menangani sembilan kasus perdagangan berjangka komoditas ilegal dengan instrumen opsi biner dan forex trading.

Baca berita selengkapnya di sini.




Source link